Banner-Kulon-Progo_Yogyakarta

Kabupaten Kulon Progo,Wates


Kabupaten Kulon Progo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Ibukotanya adalah Wates. Kabupaten Kulon Progo terkenal akan industri pakaian batiknya.Batik SekarNiti merupakan salah satu home industri yang berada di Kulon Progo yang mana ikut serta dalam melestarikan budaya Batik di Kulon Progo.Di Kabupaten Kulon Progo ini juga terkenal dengan berbagai wisata alamnya yang indah, salah satunya adalah Kalibiru yang memiliki pemandangan alam yang menakjubkan.
Icon-Kulon-Progo

Tempat – Tempat Wisata di Kabupaten Kulon Progo,Wates

Kalibiru


Kalibiru adalah tanah tertinggi di deretan Perbukitan Menoreh yang menjadi primadona karena lanskap menawannya dari ketinggian.Dari tempat ini kita bisa melihat pemandangan pegunungan – pegunungan di Jawa Tengah. Tempat wisata ini juga dapat dijadikan inspirasi wisatawan untuk berfoto – foto.
Kalibiru

Air Terjun Grojogan Sewu


Air Terjun Grojogan Sewu ini berada di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Yogyakarta. Air terjun yang lebih dikenal dengan nama Air Terjun Sidoharjo ini semakin eksotis pada musim hujan. Perpaduan tebing batu cadas yang tinggi dan derasnya air terjun, membuat wisatawan yang berkunjung ke tempat ini terpesona dengan keindahan air tejun, dan Pesona alam di sekitarnya.
Air-Terjun-Grojogan-Sewu

Pantai Glagah


Pantai Glagah merupakan pantai paling terkenal di Kulon Progo. Dengan ombaknya yang besar dan tepi pantainya yang berbentuk tetrapod, membuat para wisatawan ikut merasakan ketenangan dan keindahan pantai ini.
Pantai-Glagah

Gua Kiskendo


Gua Kiskendo dahulu merupakan tempat tinggal kakak beradik berkepala kerbau dan sapi, yaituMahesasura dan Lembusura. Di tempat ini pulalah pertempuran sengit antara mereka melawan Subali, si manusia kera terjadi. Kisah pertempuran mereka terpahat dalam relief yang bisa ditemukan di sisi kanan dan kiri sebelum pintu masuk gua.Saat ini Gua tersebut dijadikan sebagai wisata petualang, dengan keindahan didalam gua tersebut menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.
Gua-Kiskendo

Waduk Sermo


Waduk Sermo inilah salah satu kebanggaan Kulon Progo, tempat wisata yang sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Waduk Sermo merupakan sebuah waduk berukuran besar yang di kelilingi perbukitan yang terletak di desa Hargowilis, Kokap, KulonProgo, Yogyakarta. Sebuah waduk yang berada di dataran tinggi dari kota yogyakarta. Jika ingin menikmati wisata alam yang berhubungan dengan air, wisatawan dapat berwisata ke waduk sermo, dan akan dimanjakan oleh keindahan waduk beserta kesejukan alamnya.
Waduk-Sermo

Puncak Suroloyo


Puncak Suroloyo merupakan wisata keindahan alam yang indah dan patut untuk dikunjungi.Puncak Suroloyo juga menjadi tempat dilangsungkannya beberapa upacara adat,tempat ini bisa dijadikan spot foto yang unik, yaitu dengan berfoto di atas pohon pinus dan pemandangan Waduk Sermo yang indah.
puncak-suroloyo
Makanan Populer di Kabupaten Kulon Progo,Wates

Geblak


Geblak merupakan makanan khas Kabupaten Kulon Progo. Bahan dasar dari Geblak adalah ketela pohon. Geblak biasanya disajikan dan dipadukan dengan menu tempe bengok atau tempe koro.
Geblak

Cenil


Cenil merupakan makanan jajanan tradisional pasar yang berbentuk bulat dan berwarna warni. Makanan ini memiliki rasa kenyal saat dikunyah
Cenil

Tempe Benguk


Tempe Benguk merupakan makanan khas Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tempe benguk adalah tempe berwarna hitam dengan biji-biji kacang yang besarnya dua kali ukuran kedelai,dengan rasa yang unik, gurih, dan manis.Tempe benguk paling enak digoreng tepung dan dimakan bersama geblak yang juga merupakan makanan khas Kulon Progo.
Tempe-Benguk