Banner_Bantul

Kabupaten Bantul


Kabupaten Bantul adalah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Moto dari kabupaten ini adalah PROJOTAMANSARI singkatan dari Produktif-Profesional, Ijo royo royo, Tertib, Aman, Sehat, dan Asri. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sleman di utara, Kabupaten Gunung Kidul di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Kulon Progo di barat. Pada umumnya Bantul dikenal sebagai kota perjuangan dan sejarah perjuangan Indonesia di Yogyakarta. Bantul menyimpan banyak kisah kepahlawanan, salah satunya yaitu perlawanan Pangeran Mangkubumi di Ambar Ketawang dan upaya pertahanan Sultan Agung di Pleret. Kabupaten Bantul juga terkenal akan beragam objek wisatanya yang menarik untuk dikunjungi, salah satu objek wisata alam yang terkenal adalah Pantai Parangtritis.
Bantul_Jogja

Tempat – Tempat Wisata di Kabupaten Bantul

Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis merupakan salah satu tempat wisata pantai yang terkenal di Bantul, Yogyakarta. Pantai ini terdapat di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Pantai Parangtritis menawarkan keindahan wisata berupa hamparan pantai dengan pasir putih yang sangat luas dan memiliki ombak yang sangat besar.
Pantai-Parangtritis

Pemandian Air Panas Parang Wedang


Pemandian Air Panas ini dikatakan unik karena pemandian air panas ini tidak terdapat di pegunungan seperti kebanyakan pemandian air panas lainnya, namun lokasinya terbilang dekat dengan pantai. Pemandian Air Panas Parang Wedang ini berlokasi tidak jauh dari Pantai Parangtritis.
Pemandian-Air-Panas-Parang-Wedang

Masjid Kotagede


Masjid Agung Kotagede ini merupakan bangunan yang memiliki nilai historis yang sangat tinggi. Bangunan Masjid ini merupakan Masjid tertua di Yogyakarta dan merupakan peninggalan Kerajaan Mataram. Masjid ini dibangun pertama kali oleh Sultan Agung pada tahun 1640-an. Di Masjid Kotagede ini banyak ditemui benda-benda bersejarah
Masjid-Kotagede

Goa Cerme


Goa Cerme merupakan tempat wisata berupa Goa yang ada di Kabupaten Bantul, goa ini memiliki pemandangan berupa stalagtit dan stalagmit yang sangat indah. Goa ini berada di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Goa Cerme berada di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Goa ini memiliki panjang sekitar 1,5 km yang berujung di Desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Goa-Cerme

Makam Imogiri Yogyakarta


Makam Imogiri Yogyakarta ini dibangun oleh Sultan Mataram III Prabu Hanyokrokusumo pada tahun 1632. Lokasi pemakaman Imogiri ini berada di atas perbukitan yang masih dalam gugusan Pegunungan Seribu yang berada di Dusun Pajimatan, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Makam Imogiri merupakan salah satu wisata religi di Bantul yang cukup diminati. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dapat membeli buku sejarah yang berisi tentang makam Imogiri termasuk nama-nama Raja yang dimakamkan di Pemakaman Imogiri ini.
Makam-Imogiri-Yogyakarta

Pantai Parangkusumo


Pantai Parangkusumo merupakan obyek wisata Pantai di Bantul Yogyakarta yang berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Pantai Parangkusumo juga merupakan obyek wisata yang menarik di Bantul. Selain karena keindahan pemandangannya, Di Pantai Parangkusumo terdapat sebuah bangunan yang diberi nama Cepuri. Di dalam Cepuri terdapat dua buah batu yang diberi nama Batu CInta, Konon katanya diatas batu ini pernah dilakukan pertemuan antara Panembahan Senopati, Raja Kerajaan Mataram yang pertama dengan Ratu Kidul Penguasa Pantai Selatan.
Pantai-Parangkusumo

Goa Selarong


Goa Selarong merupakan tempat wisata religi di Bantul yang sangat bersejarah. Dahulu Goa Selarong ini digunakan Pangeran Diponegoro untuk menyendiri, goa ini terdapat di Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Provinsi DI Yogyakarta. Banyak orang yang berkunjung ke Goa Selarong ini, karena ingin mengingat kembali sejarah perjuangan Pengeran Diponegoro melawan Penjajah Belanda.
Goa-Selarong

Pantai Samas


Pantai Samas terletak di Kecamatan Senden Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi Pantai Samas ini berjarak 25 km ke arah selatan Kota Yogyakarta. Di Pantai Samas terdapat mercusuar yang digunakan sebagai navigasi bagi para nelayan, dan bagi pecinta fotografi, sepertinya tempat ini dapat dieksplore lebih jauh sebagai bahan obyek fotograf.
Pantai-Samas
Makanan Populer di Kabupaten Bantul

Geplak Bantul


Geplak khas Bantul ini merupakan salah satu oleh – oleh makanan yang dapat didapatkan dengan mudah pada semua toko oleh – oleh di Yogyakarta. Bahan dasar geplak adalah daging kelapa yang masih muda, gula, dan tepung beras atau tepung ketan.
Geplak-Bantul

Sayur Brongkos


Sayur brongkos ini menjadi salah satu warisan masakan leluhur yang masih terjaga dan menjadi salah satu jenis kuliner yang sangat familiar dan menjadi menu favorit raja keraton Bantul
Sayur-brongkos

Sate Klatak


Sate Klatak adalah sate kambing, tetapi berbeda dengan sate kambing pada umumnya. Sate klatak tidak menggunakan tusuk dari batang bambu tetapi memakai jeruji besi sepeda yang berfungsi sebagai penghantar panas yang baik, serta membuat daging matang hingga ke bagian dalamnya.Bumbu yang digunakan sate klatak hanya menggunakan taburan garam dengan sedikit ketumbar.Sate Klatak banyak terdapat di kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta, salah satunya adalaha Sate Kalatak Pak Pong yang sangat terkenal, Warung sate yang terletak di Jalan Imogiri Timur, Bantul, Yogyakarta
Sate-Klatak

Mie Lethek


Mie Lethek merupakan mie produksi masyarakat Srandakan, Bantul, yang berbahan dasar tepung tapioka dan gaplek. Meski warnanya tidak menarik, rasa mie lethek yang diolah menjadi mie rebus atau mie goreng.
Mie-Lethek