Singaraj.Bannr_

Singaraja

Singaraja adalah ibu kota kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia. Luas wilayah Singaraja adalah 27,98 km² dan penduduknya berjumlah 80.500 jiwa. Singaraja pernah menjadi ibu kota Kepulauan Sunda Kecil dan ibu kota Bali sampai tahun 1958. Kota Singaraja juga kaya akan objek wisatanya yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya yaitu Pantai Lovina, Pulau Menjangan, Air Terjun Les, dan berbagai tempat wisata lainnya.

 Singaraj

Tempat – Tempat Wisata di Singaraja


Pantai Lovina

Pantai Lovina merupakan pantai yang terkenal akan Pasirnya dengan warna kehitam-hitaman dan ombaknya yang begitu tenang. Pantai Lovina juga sering dijadikan tempat untuk menyelam atau snorkeling bagi para wisatawan yang berkunjung. Selain snorkeling pengunjung yang datang ke Pantai Lovina ini juga dapat melihat ratusan lumba-lumba yang menyelam dan melompat ke udara bersama-sama setiap pagi.

 Pantai-Lovina


Teracce Rice Busungbiu

Teracce Rice Busungbiu merupakan Hamparan persawahan yang terdapat di penghujung selatan Desa Busungbiu sebelah selatan Kota Singaraja. Hamparan persawahan ini terlihat sangat menakjubkan yang di latar belakangi oleh perbukitan hijau dan ditengah – tengah persawahan terlihat untaian sungai yang berkilauan dengan airnya yang mengalir sepanjang tahun.Pengunjung yang datang kemari terasa dimanjakan oleh pemandangan pedesaan yang alami.

 Teracce-Rice-Busungbiu

Pulau Menjangan

Pulau Menjangan merupakan pulau tidak berpenghuni yang terletak di sekitar 76 kilometer di sebelah barat kota Singaraja. Untuk menuju ke Pulau Menjangan bisa ditempuh dengan perahu boat dari Pelabuhan Lalang selama 30 menit. Pulau Menjangan memiliki luas 175 hektare dan merupakan salah satu tempat wisata menyelam terlengkap di Bali.

 Pulau-Menjangan


Pura Ponjok Batu

Pura Ponjok Batu berlokasi di pinggir pantai wilayah desa Pacung, kabupaten Buleleng dan sebelah timur Singaraja. Nama Ponjok Batu berasal dari kata Tanjung Batu dan lingkungan sekitar. Pura ini merupakan sebuah tanjung yang terdiri dari batu-batu dan ditumbuhi pohon-pohon kamboja. Pura Ponjok Batu adalah pura tempat pemujaan atau persembahyangan umum bagi umat Hindu di Bali.

Pura-Ponjok-Batu


Pura Agung Pulaki

Pura Agung Pulaki adalah salah satu Pura Hindu terbesar di Bali yang terletak di sisi pantai bagian barat kota Singaraja. Arsitektur Pura ini didominasi oleh warna hitam dan batu putih. Pura Pulaki memiliki pemandangan yang spektakuler untuk dinikmati oleh setiap pengunjung yang datang. Dengan memasuki Pura, pengunjung dapat melihat secara jelas warna biru laut Jawa yang indah yang dikelilingi oleh perbukitan hijau.

Pura-Agung-Pulaki


Air Terjun Les

Air Terjun Les ini terletak di Desa Les Kecamatan Tejakula, sebelah timur dari Kota Singaraja. Air Terjun Les memiliki tinggi sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah dengan latar belakang perbukitan.

 Air-Terjun-Les


Air Panas Banjar

Air Panas Banjar adalah sebuah tempat pemandian air panas yang Terletak di Desa Banjar, Kecamatan Banjar ± 19 km sebelah barat dari Kota Singaraja. Air Panas Banjar dikenal sebagai sebutan Hot Spring sudah merupakan tempat wisata yang suka dikunjungi oleh para wisatawan.

 Air-Panas-Banjar


Air Sanih

Air Sanih merupakan Obyek wisata Air yang berupa kalam renang yang alami, terletak di desa Sanih, kecamatan Kubutambahan ± 17 km sebelah timur kota Singaraja. Air Sanih terkenal dengan sumber mata air yang muncul tanpa henti. Mata air ini merupakan aliran sungai dalam tanah yang berasal dari Danau Batur di Kintamani. Terdapat dua buah kolam untuk dewasa dan anak-anak, tempat ini sangat sesuai untuk berlibur bersama keluarga dan menenangkan diri sejenak dengan merendamkan badan dan melihat pemandangan laut sebalah timur yang begitu indah.

Air-Sanih


Vihara Banjar

Vihara Banjar terletak di kaki bukit menghadap ke laut. di Desa Banjar Tegeha, 18 km arah barat Singaraja.Vihara Banjar lebih dikenal dengan nama Vihara Buddha Banjar. Vihara Buddha ini memiliki daya tarik yang kuat untuk wisatawan yang berkunjung. Tugu yang mengesankan merupakan lonceng kuil yang besar berasal dari Thailand, fanel-fanel yang mencerminkan cerita Budha, dan juga patung Budha.

Vihara-Banjar


Taman Nasional Bali Barat (TNBB)

Taman Nasional Bali Barat (TNBB) Terletak di bagian barat Pulau Bali, di desa Sumber Klampok Kecamatan Gerokgak ± 70 km sebelah barat Kota Singaraja. Taman Nasional Bali Barat (TNBB) mencakup area seluas 7700 km2. Taman Nasional Bali Barat secara resmi dinyatakan sebagai taman nasional melalui keputusan dirjen kehutanan dengan tujuan melindungi dan melestarikan keberadaan flora dan fauna.

Taman-Nasional-Bali-Barat-TNBB


Pura Dalem Jagaraga

Pura Dalem Jagaraga terlatak di Desa Jagaraga, Kecamatan Sawan ± 11km dari kota Singaraja. Desa ini terkenal dengan sebutan ‘Puputan Jagaraga’ (perang melawan belanda pada tahun 1848 di bawah komando I Gusti Ketut Jelantik). Pura ini memiliki keunikan tersendiri yaitu Dilingkungan Pura Dalem Jagaraga terdapat relief mobil kuno yang dikendarai oleh orang bersenjata, relief pesawat jatuh, relief orang Belanda minim bir, dan lain sebagainya. (cerita rakyat Bali).

Pura-Dalem-Jagaraga


Desa Pemuteran

Desa Pemuteran merupakan desa yang berada di tepi Pantai Pemuteran. Di Desa ini terdapat karang laut yang dipelihara secara profesional, proyek penangkaran penyu, Pura Pemuteran yang terkenal dengan sumber air panasnya, dan merupakan kawasan diving dan snorkeling untuk para wisatawan untuk menikmati pemandangan taman bawah laut yang begitu indah.

Desa-Pemuteran


Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgi terletak di Desa Gitgit Kecamatan Sukasada ± 11km dari Kota Singaraja. Air Terjun Gitgi memiliki ketinggian ± 35 meter air. Air terjun ini masih asri dan berada di lingkungan berhawa sejuk.

Air-Terjun-Gitgit


Museum Buleleng

Museum Buleleng terletak berdekatan dengan Gedong Kertya. di Museum Buleleng ini terdapat Koleksi peninggalan purbakala seperti sarkofagus, patung, senjata. Benda-benda seni seperti lukisan, kain-kain, kerajinan Emas, perak, dan benda-benda lainnya yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat Bali Utara.

Museum-Buleleng


Desa Sembiran

Desa Sembiran terletak ± 1km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Buleleng. Desa ini terkenal sebagai pengrajin emas dan perak dengan gaya yang unik khas Beratan. Disini pengunjung yang datang bisa melihat cara pengolahan bahan mentan hingga menjadi kerajinan emas dan perak.

Desa-Sembiran


Museum Gedong Kertya

Museum Gedong Kerty terletak di lingkungan Pura Seni Sasana Budaya Singaraja yaitu di jalan Veteran no. 23 Singaraja. Gedong Kertya adalah sebuah museum yang menyimpan lontar/perpustakaan lontar satu-satunya di Indonesia bahkan di Dunia yang menyimpan 4000 lontar yang disimpan dalam kotak kayu. Disini terdapat koleksi dan salinan teks dengan tulisan tangan yang berhubungan dengan kesastraan Bali, mitos, pengobatan, mantra-mantra, dan lain-lain.

Museum-Gedong-Kertya

Makanan Populer di Singaraja

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam Betutu Khas Gilimanuk merupakan ayam olahan khas Bali dengan bumbu sangat khas. Ayam yang diproses dengan segala macam bumbu,rempah-rempah khas Bali, ayam yang sudah dibumbui lalu dibungkus dengan daun pisang dikukus dan terakhirnya di panggang.

ayam-betutu

Blayag

Blayag merupakan makanan khas singaraja, menu makanan yang mirip dengan ketupat ini memiliki bumbu yang sangat khas. Blayag terdiri dari urab sayur, kacang kedelai dan gorengan ayam dan disiram dengan bumbu blayag.

 Blayag

Siobak

Siobak juga termasuk salah satu makanan khas singaraja. Bahan dasar siobak yaitu daging Babi selain itu ada juga telinga, jeroan, lemak dan kerupuk babi yang disiram dengan bumbu khas siobak beserta acar. Siobak yang paling terkenal di singaraja yaitu Siobak Khe Lok.

Siobak