SEMARAPURA.Bannr_

Semarapura

Semarapura adalah kota yang berada di Kabupaten Klungkung, kota ini sebagian besar wilayahnya berada di Kecamatan Klungkung. Semarapura merupakan pusat pemerintahan kabupaten yang dikenal sebagai daerah sumber seni dan budaya di Bali. Seni dan budaya Bali lahir dan berpusat di Semarapura, diantaranya yaitu seni tari, kerawitan, ukiran, patung, arsitektur, wayang dan tata upacara keagamaan. Kota ini terkenal dengan julukan Kota Serombotan yang merupakan salah satu panganan tradisional khas kota ini.

 semarapur

Tempat – Tempat Wisata di Almapura


Monumen Puputan Klungkung

Monumen Puputan Klungkung merupakan monumen yang menjadi pengingat bahwa pada hari Selasa, 28 April 1908 telah terjadi perang puputan, perang sampai mati. Perang puputan dipimpin oleh Raja Klungkung Ida I Dewa Agung Jambe, bersama para kerabat, keluarga serta pengiring dalam upaya menentang penjajahan kolonial Belanda atas Klungkung.

Monumen-Puputan-Klungkung


Pantai Lembongan Jungut Batu

Pantai Lembongan & Jungut Batu merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Semarapura. Pantai ini memiliki karang laut yang indah dan pasirnya berwarna putih. Panorama pemandangan bawah laut juga merupakan bagian keindahan dari Pantai Lembongan & Jungut Batu ini.

Pantai-Lembongan-Jungut-Batu

Goa Lawah

Goa Lawah dikenal sebagai Pura yang dihuni ribuan kelelawar yang berada ditepi laut dan diperbukitan atau gunung. Di Goa Lawah ini merupakan tempat dilakukannya Upacara Nyegara Gunung bagi agama Hindu.

Goa-Lawah1


Kerta Gosa

Kerta Gosa / Taman Gili adalah salah satu obyek wisata yang terkenal dikabupaten Klungkung, Semarapura, Bali. Kerta Gosa dibangun pada tahun 1686 oleh Dewa Agung Jambe, kerta gosa memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki obyek wisata lainnya. Di dalam Kerta Gosa adalah sebuah bangunan terbuka (bale) yang secara resmi merupakan bagian dari kompleks Puri Semarapura.

Kerta-Gosa


Tukad Unda

Tukad Unda merupakan sebuah sungai yang terbentang sekitar 46 kilometer ke arah timur. Tukad ini merupakan lanjutan dari Telaga Waja yang bersumber di kaki Gunung Agung. Di Tukad Unda terdapat bendungan panjang memiliki limpahan air yang cukup tinggi dan pemandangan yang mempesona, selain itu juga terdapat wahana rafting yang sangat menantang dan menguji adrenalin para wisatawan yang datang dengan panjang rute 9 km dan melewati banyak rintangan.

Tukad-Unda


Museum Nyoman Gunarsa

Museum Seni Lukis Klasik Nyoman Gunarsa terletak di pertigaan Banda Desa Takmung. Di Museum ini tersimpan berbagai macam lukisan seni klasik Bali dari peninggalan jaman dulu hingga kini.

 Museum-Nyoman-Gunarsa


Goa Giri Putri

Goa Giri Putri terletak di Dusun Karang sari Desa Suana. Pemandangan di dalam Goa ini sungguh mempesona, rongga goa yang sangat lebar dan tinggi dan bisa menampung sekitar 5.000 orang.

 Goa-Giri-Putri

Makanan Populer di Semarapura

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam Betutu Khas Gilimanuk merupakan ayam olahan khas Bali dengan bumbu sangat khas. Ayam yang diproses dengan segala macam bumbu,rempah-rempah khas Bali, ayam yang sudah dibumbui lalu dibungkus dengan daun pisang dikukus dan terakhirnya di panggang.

ayam-tut