Pengurusan VISA Jepang Menjelang Libur Lebaran 2016

Jadwal libur Lebaran Kedutaan Besar Jepang di Jakarta adalah:
4 Juli (hari Senin) – 8 Juli (hari Jumat )
• Selain di atas, hari Sabtu dan Minggu pun tutup

Pengurusan VISA
Hari terakhir penerimaan aplikasi VISA untuk pemohon visa yang ingin menerima VISA sebelum libur lebaran, adalah sampai dengan hari Selasa, tanggal 28 Juni 08:30-12:00 WIB

(Sebagai acuan)
Jadwal penerbitan VISA (apabila penerimaan pagi dan tidak ada masalah)

jpn-visa-info

※ Penerimaan berkas VISA hanya dilakukan pagi hari saja, dan pada umumnya dapat diambil di hari ke empat di siang hari (termasuk hari aplikasi), akan tetapi apabila ada permintaan untuk mengajukan dokumen tambahan atau wawancara dll., ada kalanya VISA tidak dapat diberikan sesuai jadwal di atas..
※ Pemohon VISA yang akan terganggu bila jadwal ke Jepangnya pada tanggal 11 Juli 2016 (hari Senin), maka harus mengajukan aplikasi VISA sampai dengan tanggal 28 Juni 2016 (hari Selasa) pagi hari. Apabila tidak ada masalah, maka paspor yang sudah tertempel VISA dapat diterima pada 1 Juli 2016 (hari Jumat) siang hari, maka pemohon VISA harap datang ke Kedubes Jepang untuk mengambil paspor di hari tersebut siang hari. Selain itu, harap diperhatikan bahwa selama libur lebaran kami tidak melakukan penyerahan VISA (pengembalian paspor). Dan juga, karena adakalanya VISA tidak bisa diserahkan sesuai jadwal diatas karena kondisi pemeriksaan, maka setelah lewat hari penyerahan, kami menganjurkan sebelum datang ke Kedubes Jepang untuk memastikan apakah prosesnya sudah selesai atau belum.
※ Kami memperkirakan akan banyak aplikasi VISA sebelum dan sesudah libur lebaran. Dan juga, karena adakalanya VISA tidak bisa diserahkan pada hari ke empat siang hari dikarenakan keadaan pemeriksaan maka kami mohon untuk mengajukan aplikasi VISA dengan jangka waktu yang lebih.

Bebas VISA dengan registrasi pra-keberangkatan bagi WNI pemegang e-paspor.
Hari terakhir penerimaan registrasi bagi pemohon yang menginginkan registrasi sebelum libur lebaran, adalah sampai dengan hari Kamis, tanggal 30 Juni 08:30-12:00 WIB.

(Untuk acuan)
Jadwal registrasi e-paspor (apabila tidak ada masalah)

jpn-visa-info

※ Pengembalian E-paspor pada siang hari berikutnya setelah hari pengajuan formulir pendaftaran.
※ Untuk Pemohon yang ditolak registrasinya, maka perlu untuk mengajukan aplikasi VISA, dan meskipun ada keadaan tersebut, jumlah hari kerja dan proses mulai dari aplikasi sampai penerbitan tetap seperti pada umumnya. Untuk itu, penerimaan dilakukan hanya di pagi hari kerja Kedubes Jepang, dan bila tidak ada masalah, maka akan diberikan pada hari ke empat di siang hari (termasuk hari penerimaan).
※ Untuk lebih detailnya harap melihat Website Kedubes Jepang di (http://www.id.emb-japan.go.jp/news14_30.html)

Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Bagian Konsuler
Tel. 021-3192-4308
Fax. 021-315-7156
Website Kedubes Jepang (http://www.id.emb-japan.go.jp/index_jp.html)