Mataram-City_banner_03

Kota Mataram


Kota Mataram merupakan kota dan menjadi ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kota Mataram yang terletak di Pualu Lombok ini merupakan sentra dari perjalanan wisata di Pulau Lombok. Kota Mataram saat ini dikembangkan menjadi salah satu kota pariwisata. Pengaruh Adat Sasak dan Adat Bali cukup mewarnai masyarakat di kota ini.
Kota Mataram juga memiliki topografi wilayah yang berada pada ketinggian kurang dari 50 meter di atas permukaan laut, dan secara administratif Kota Mataram memiliki luas daratan 61,30 km, serta 56,80 km perairan laut. Kota Mataram terbagi atas 6 kecamatan, diantaranya yaitu Kecamatan Amspenan, Cakranegara, Mataram, Sandubaya, Selaparang, dan Sekarbela.
Kota-Mataram-Icon

Tempat – Tempat Wisata di Kota Mataram

Wisata Pura Taman Air Mayura


Wisata Pura Taman Air Mayura ini terletak di Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram atau bisa dikatakan di pusat bisnis dari Pulau Lombok. Taman Mayura menyimpan sejarah tersendiri mengenai kerajaan di Lombok Nusa Tenggara. Taman yang dibangun oleh Anak Agung Ngurah Karangasem pada tahun 1744 ini diberi nama Mayura yang memiliki arti burung merak dalam Bahasa Sanskerta. Tempat ini pengunjung dapat merasakan atmosfir alam yang asri, nuansa relijius, dan bersejarah.
Wisata-Pura-Taman-Air-Mayura

Kawasan Kota Tua Ampenan


Kawasan Kota Tua Ampenan merupakan tempat wisata di Kota Mataram yang terletak di perbatasan selat Lombok—selat yang memisahkan Pulau Lombok dan Pulau Bali. Kota Tua Ampenan merupakan daerah dermaga yang didominasi oleh pemandangan bangunan-bangunan tua peninggalan dari masa kolonial Belanda. Bangunan-bangunan di Kota Tua Ampenan dalam hal ini tidak hanya indah untuk dikagumi dan dijadikan latar belakang untuk foto-foto. Beberapa bangunan dimanfaatkan oleh warga sebagai gudang, toko, dan tempat makan.
Kawasan-Kota-Tua-Ampenan

Taman Sangkareang


Taman Sangkareang merupakan salah satu taman kota dan juga merupakan ikon kota Mataram. Taman ini berada tepat di jantungnya kota Mataram, yaitu di pusat pemerintahan dekat dengan kantor walikota Mataram dan kantor gubernur NTB. Taman yang terletak di jalan pejanggik ini banyak dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi warga kota dan sekitarnya. Disini kita bisa bersantai-santai, dan menikmati pemandangan hijaunya Kota Mataram
Taman-Sangkareang

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat


Museum ini terletak di Jl. Panji Tilar Negara Tanjung Karang, Kecamanan Ampenan. Museum ini ditujukan sebagai tempat untuk melakukan keperluan penelitian. Terdapat 7.000 buah koleksi dari Museum Negeri Nusa Tenggara, seperti koleksi sejarah, budaya, arkeologi, keramik, dan lainnya.
Museum-Negeri-Nusa-Tenggara-Barat

Pura Meru


Pura Meru terletak di pusat bisnis Cakranegara, Kota Mataram dan sama-sama dibangun oleh Anak Agung Ngurah Karangasem—Pura Meru. Pura ini terbagi menjadi 3 bagian dimana di dalamnya terdapat 33 sanggah berwarna putih yang melambangkan 33 desa yang dahulu terlibat dalam pembangunan pura ini.
Pura-Meru

Taman Udayana


Taman Udayana terletak tepat di jalan udayana, Mataram. Berbeda dengan Taman lainnya, taman ini memiliki lebih banyak ruang terbuka hijau dengan banyaknya pepohonan rindang yang sejuk untuk bersantai-santai dan olahraga di pagi atau sore hari. Di taman pengunjung juga dapat berwisata kuliner karena banyaknya para pedagang yang menjajakan makanan – makanan khas Lombok
Taman-Udayana

Makam Loang Baloq


Makam Loang Balom merupakan Kompleks Pemakaman yang menyimpan puluhan jasad, namun di antaranya terdapat tiga makam yang dianggap keramat, salah satunya adalah makam yang terletak di lubang persis di bawah pohon beringin yang merupakan makam ulama besar dari Jazirah Arab Maulana yaitu Syech Gaus Abdurrazak yang merupakan penyebar agama Islam di Lombok. Banyak peziarah Islam yang datang untuk berdoa bersama. Di Makam Loang Baloq ini biasa diadakan pula ritual potong rambut anak balita yang disebut ngurisang oleh Suku Sasak.Wisatawan yang berziarah juga dapat sekaligus berekreasi ke Pantai Tanjung Karang yang hanya terletak di seberang jalan rayanya.
Makam-Loang-Baloq

Masjid Islamic Center – Lombok


Masjid ini merupakan Masjid yang terbesar di Pulau Lombok, dan bahkan terbesar di NTB. Masjid ini memiliki menara yang bernama “Menara 99” yang diambil dari Asmaul Husna di Al-Quran, dan sekaligus menara tertinggi di NTB, yang terletak di pusat Kota Mataram. Wisatawan yang berkunjung ke Masjid ini akan dibuat terpesona oleh kemegahan dan memiliki bentuk ciri khas motif batik Sasambo di kubah masjid yang merupakan motif batik khas di Provinsi NTB.
Masjid-Islamic-Center-Lombok
Makanan Populer di Lombok Tengah

Plecing Kangkung


Plecing Kangkung, makanan khas Lombok ini terdiri dari kangkung yang direbus beserta sambal tomat yang terbuat dari racikan cabai rawit, garam, terasi, dan lainnya. Yang membuat makanan ini lezat untuk dinikmati adalah kangkung khas Lombok yang berbeda dengan kangkung yang biasa tumbuh di pulau Jawa.
Plecing-Kangkung4

Sate Bulayak


Sate Bulayak, Sate bulayak dimakan sengan lontong yang dibungkus dengan daun aren atau sejenisnya dengan bentuk memanjang seperti spiral. Sedangkan satenya terbuat dari daging sapi yang dilumuri bumbu khas Sasak. Cara makannya dengan menyatukan sate bulayak ke bumbu sate yang sudah disediakan, dan dimakan bersama lontong. Penjual sate bulayak banyak ditemui di beberapa objek wisata seperti halaman Pura Lingsar, Taman Narmada, Taman Suranadi, dan berbagai tempat wisata lainnya.
Sate-Bulayak4

Nasi Balap Puyung


Nasi Balap Puyung, Nasi balap puyung adalah makanan tidak terlalu istimewa, namun cita rasanya yang benar-benar membuat para pecinta kuliner ingin lagi dan lagi. Nasi ini berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. Nasi Balap Puyung yang paling terkenal di Lombok adalah nasi balap puyung cap Inaq Esun yang berada di Desa Puyung, Lombok Tengah, dan Lombok Barat di jalan Srwijaya Mataram.
Nasi-Balap-Puyung4

Ayam Taliwang


Ayam Taliwang, Ayam Taliwang adalah salah satu makanan paling populer di Lombok. Ayam taliwang biasanya dimasak dengan beberapa pilihan, yaitu dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar. Ayam Taliwang akan semakin lezat jika menggunakan ayam kampung, Kelezatan dari ayam taliwang juga terdapat dibumbunya yang super pedas.
Ayam-Taliwang4

Bebalung


Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan kunyit plus jahe. Di Lombok Barat, sajian bebalung yang paling terkenal dijual di depot Kelebet yang berada di jalan HOS Cokroaminoto.
Bebalung4

Ares


Ares adalah sayuran khas Lombok yang bahan utamanya berasal dari pelepah pisang atau gedebok pisang yang masih muda. Rasa hidangan yang memakai santan ini cukup unik dan gurih. Ares dahulu dikenal karena merupakan makanan tradisional Suku Sasak, yang disajikan pada acara pernikahan hingga saat ini populer dan menjadi salah satu makanan khas Lombok.
Ares4