Lombok-Utara_banner_03

Kabupaten Lombok Utara


Kabupaten Lombok Utara merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat,Indonesia. Ibukotanya adalah Tanjung. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Lombok Barat. secara geografis Kabupaten Lombok Utara berada di Kaki Gunung Rinjani. Kabupaten Lombok Utara terkenal akan sejumlah obyek wisata yang cukup terkenal dan menarik wisatawan di Mancananegara, seperti Gili Terawangan, Air Terjun Sendang Gile Bayan,dan lain sebagainya. Kabupaten Lombok Utara dipimpin oleh Bupati, Drs. H. Djohan Sjamsu dan Wakil Bupati, Dr. H. Najmul Ahyar, SH, MH. Dengan diterbitkannya Undang Undang Nomor 26 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Lombok Utara, menjadikan Kabupaten Lombok Utara sebagai Daerah Otonomi baru di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kabupaten Lombok Utara menjadi salah satu dari 10 (sepuluh) Kabupaten/Kota di Provinsi Nusa Tenggra Barat, yang posisinya terletak di bagian utara pulau lombok.
Lombok-Utara-Icon

Tempat – Tempat Wisata di Lombok Utara

Gunung Rinjani


Gunung Rinjani yang berlokasi di Pulau Lombok ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT. Gunung Rinjani juga merupakan gunung favorit bagi para pendaki gunung Indonesia, Puncak Gunung Rinjani juga menjadi tujuan sebagian besar para petualang dan pencinta alam yang mengunjungi kawasan ini karena keindahan pemandangannya yang menakjubkan.
Gunung-Rinjani1

Desa Gumantar


Desa Gumantar merupakan sebuah desa yang menjadi bagian dari Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Desa ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara.
Desa masih tetap mempertahankan tradisi dan adat istiadatnya dari peninggalan leluhur. Dusun Dasan Beleq adalah pusat kegiatan kemasyarakatan yang kental, penduduk asli Dusun Dasan Beleq menganut agama Islam, nuansa islami di dusun ini sangat begitu kental.
Desa-Gumantar

Pantai Sire


Pantai Sire merupakan salah satu tempat wisata di Lombok Utara yang sangat populer dan juga dijadikan destinasi wisata favorit para turis. Pantai Sire ini berpasir putih bersih dan di pinggir pantainya dipenuhi dengan barisan pepohonan.Kejernihan air lautnya sudah pasti akan membuat para wisatawan tertarik untuk berenang, diving, dan juga snorkeling di pantai ini, dan berbagai hamparan terumbu karang tumbuh subur di lautan dalam Pantai Sire ini.
Pantai-Sire

Gili Trawangan


Gili Trawangan bisa diibaratkan sebagai primadona-nya Kabupaten Lombok Utara. Gili Trawangan bahkan telah mendunia dan sering disamakan dengan beberapa wisata bahari di Pulau Dewata. Banyak turis mancanegara yang terus berdatangan ke Gili Trawangan ini karena keindahan alam bahari serta pulau-pulau kecilnya yang begitu mempesona. Di Gili Trawangan ini juga terdapat banyak pusat penjualan souvenir khas Lombok yang dijajakan pada para turis ataupun wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.
Gili-Trawangan

Air Terjun Sendang-Gile


Air Terjun Sendang Gile merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Banyak wisatawan lokal ataupun turis telah berkunjung ke air terjun ini. Air Terjun Sendang Gile ini menjadi destinasi wisata yang paling populer, kareana pemandangan alamnya yang sangat indah di sekitar Air Terjun Sendang Gile ini.
Air-Terjun-Sendang-Gile

Masjid Kuno Bayan


Masjid Kuno Bayan merupakan masjid tertua bagi masyarakat Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Masyarakat Bayan sendiri adalah pemeluk Islam dengan campuran adat Watu Telu yang hanya bisa ditemukan di Lombok saja. Watu Telu merupakan ajaran kombinasi antara ajaran Islam, elemen-elemen yang ada di ajaran Hindu, dan ajaran kepercayaan masyarakat Sasak tradisional. Masyarakat Bayan suka mengadakan upacara-upacara tradisional yang kerap mengundang minat para wisatawan, upacara yang seuka diadakan ada kaitannya dengan kegiatan bercocok tanam dan bertani. Pusat pelaksanaan upacara-upacara tradisional ini biasanya diadakan di Masjid Kuno Bayan.
Masjid-Kuno-Bayan-lombok-utara

Pantai Lokok Piko


Pantai Lokok Piko ini berpasir hitam. Meski begitu, pemandangan di sekitarnya pantai ini sangat indah,pohon kelapa yang berada di sepanjang tepi pantai semakin menambah nuansa alami di pantai ini.
Pantai-Lokok-Piko

Air Terjun Gangga


Air Terjun Gangga merupakan salah satu objek wisata di Lombok Utara. Air Terjun ini memiliki campuran warna hijau dan biru yang pastinya menyejukan mata para pengunjung yang datang. Terdapat 2 tingkatan dan tiga lokasi air terjun, yaitu dua buah air terjun di atas, dan satu air terjun di bawahnya. Pemandangan alam yang indah juga dapat wisatawan lihat dari atas air terjun, hamparan perbukitan, area persawahan, serta lautan lepas menjadi penyejuk mata dan penyegar pikiran para wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Gangga ini.Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan dari Kota Mataram hingga ke lokasi Air Terjun Gangga ini sekitar 1.5 jam dengan jarak tempuh sekitar 50 km.
Air-Terjun-Gangga
Makanan Populer di Lombok Utara

Plecing Kangkung


Plecing Kangkung, makanan khas Lombok ini terdiri dari kangkung yang direbus beserta sambal tomat yang terbuat dari racikan cabai rawit, garam, terasi, dan lainnya. Yang membuat makanan ini lezat untuk dinikmati adalah kangkung khas Lombok yang berbeda dengan kangkung yang biasa tumbuh di pulau Jawa.
Plecing-Kangkung3

Sate Bulayak


Sate Bulayak, Sate bulayak dimakan sengan lontong yang dibungkus dengan daun aren atau sejenisnya dengan bentuk memanjang seperti spiral. Sedangkan satenya terbuat dari daging sapi yang dilumuri bumbu khas Sasak. Cara makannya dengan menyatukan sate bulayak ke bumbu sate yang sudah disediakan, dan dimakan bersama lontong. Penjual sate bulayak banyak ditemui di beberapa objek wisata seperti halaman Pura Lingsar, Taman Narmada, Taman Suranadi, dan berbagai tempat wisata lainnya.
Sate-Bulayak3

Nasi Balap Puyung


Nasi Balap Puyung, Nasi balap puyung adalah makanan tidak terlalu istimewa, namun cita rasanya yang benar-benar membuat para pecinta kuliner ingin lagi dan lagi. Nasi ini berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. Nasi Balap Puyung yang paling terkenal di Lombok adalah nasi balap puyung cap Inaq Esun yang berada di Desa Puyung, Lombok Tengah, dan Lombok Barat di jalan Srwijaya Mataram.
Nasi-Balap-Puyung3

Ayam Taliwang


Ayam Taliwang, Ayam Taliwang adalah salah satu makanan paling populer di Lombok. Ayam taliwang biasanya dimasak dengan beberapa pilihan, yaitu dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar. Ayam Taliwang akan semakin lezat jika menggunakan ayam kampung, Kelezatan dari ayam taliwang juga terdapat dibumbunya yang super pedas.
Ayam-Taliwang3

Bebalung


Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan kunyit plus jahe. Di Lombok Barat, sajian bebalung yang paling terkenal dijual di depot Kelebet yang berada di jalan HOS Cokroaminoto.
Bebalung3

Ares


Ares adalah sayuran khas Lombok yang bahan utamanya berasal dari pelepah pisang atau gedebok pisang yang masih muda. Rasa hidangan yang memakai santan ini cukup unik dan gurih. Ares dahulu dikenal karena merupakan makanan tradisional Suku Sasak, yang disajikan pada acara pernikahan hingga saat ini populer dan menjadi salah satu makanan khas Lombok.
Ares3