Banner-Lombok-Timur_03

Kabupaten Lombok Timur


Kabupaten Lombok Timur adalah salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terletak di sebelah timur Pulau Lombok. Ibu kota daerah ini ialah kota Selong. Kabupaten Lombok Timur sejak periode 2008-2013 dipimpin oleh pasangan HM. Sukiman Azmy, MM dan HM. Syamsul Lutfhi. .Luas wilayah Kabupaten Lombok Timur adalah 2.679,88 km² yang terdiri dari daratan seluas 1.605,55 km² (59,91%) dan lautan seluas 1.074,33 km² (40,09%). Kabupaten Lombok Timur juga terkenal akan berbagai tempat – tempat wisatanya yang indah, salah satunya adalah Pantai Tangsi atau yang dikenal dengan Pantai Pink.
Lombok-Timur_Icon

Tempat – Tempat Wisata di Lombok Timur

Pantai Tangsi


Pantai Tangsi atau yang dikenal dengan Pantai Pink di Pulau Lombok,terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur. Pantai Tangsi merupakan sebuah destinasi wisata yang menarik dan patut untuk dikunjungi karena keunikannya, dan salah satu tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai dengan warna pink. Wisatawan yang datang ke Pantai Pink ini dapat melakukan berbagai banyak kegiatan air, seperti snorkeling, memancing, dan menyelam, atau sekedar bersantai-santai dan berfoto-foto di tepi Pantai.
Pantai-Tangsi..

Tanjung Ringgit


Tanjung Ringgit (Pantai Fotografer)berada di ujung Timur-Selatan Pulau Lombok. Dari Tanjung Ringgit ini para pengunjung juga dapat melihat keindahan Puncak Gunung Rinjani yang menjulang tinggi di kejauhan. Banyak aktivitas yang dapat wisatawan lakukan jika berkunjung ke Tanjung Ringgit ini, seperti berfoto-foto, menikmati sunrise dipagi hari yang sangat indah, serta menyusuri lereng perbukitan yang ada disekitar Tanjung Ringgit ini
Tanjung-Ringgit

Gili-Kondo


Gili Kondo merupakan Pulau kecil yang terletak di Perairan Kecamatan Sambelia. Di Gili Kondo wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan melakukan snorkeling.
Gili-Kondo

Pantai Kaliantan


Pantai Kaliantan merupakan salah satu kawasan wisata yang terdapat dibagian Kabupaten Lombok Timur tepatnya di wilayah Kecamatan Jerowaru. Selain daya tarik panorama alam pantai Kaliantan, terdapat salah satu Atraksi Wisata yang di Pantai Kaliantan yaitu adanya kegiatan seremonial budaya berupa upacara Bau Nyale, yaitu pesta rakyat untuk menangkap hewan laut berupa atau mencari sejenis cacing laut. Acara ini biasanya berlangsung antara bulan Februari – Maret dimana hampir sebagian penduduk pulau Lombok datang ke pantai ini
Pantai-Kaliantan

Tanjung Bloam


Tanjung Bloam dekenal sebagai daerah konservasi penyu yang berhabitat disekitar tebing-tebing dan sepanjang garis pantai yang membentang dari ujung selatan dan Utara. Panorama keindahan alam di tempat ini sesekali akan diselingi oleh hilir mudiknya para nelayan sekitar. Lokasi Tanjung Bloam ini dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda empat untuk sampai ke lokasi tujuan.
Tanjung-Bloam

Sembalun


Sembalun merupakan sebuah desa yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Sembalun merupakan salah satu gerbang menuju puncak Gunung Rinjani dan danau Segara Anak, selain itu sembalun juga mempunyai banyak kebudayaan salah satunya adalah Bale Baleq yang merupakan kebudayaan dari masa lampau yang masih terus dilestarikan sampi sekarang
Desa-Sembalun

Otak Kokoq


Otak Kokoq merupakan objek wisata yang berada di Lunggu, Desa Montong Betok Kecamatan Montong Gading. Otak Kokoq terkenal dengan air terjunnya yang dipercaya dapat menyembuhan berbagai macam penyakit kulit. Untuk membuktikan adanya suatu penyakit pada seseorang air terjunnya akan berubah menjadi keruh seperti Lumpur, dan apabila airnya jernih maka tidak ada penyakit pada orang tersebut.
Otak-Kokoq

Air Terjun Jeruk Manis (Aiq Temer Waterfall)


Air Terjun Jeruk Manis atau yang dikenal dengan Aiq Temer Waterfall terletak di Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur, dekat dengan desa Tete Batu sekitar kaki Gunung Rinjani. Objek wisata ini berada pada ketinggian 600-1000 meter dari permukaan laut. Air terjun ini dikelilingi oleh pemandangan alam yang sungguh luar biasa. Air terjun dikelilingi oleh tumbuhan hijau yang lebat, dan terdapat fauna monyet hitam yang dikenal SEBAGAI penghuni hutan tersebut.
air-terjun-jeruk-manis

Masjid Agung Al Mujahidin – Selong


Masjid Agung Al Mujahidin terletak di Kota Selong, Lombok Timur. Kemegahan dan keindahan Masjid ini terlihat dari bangunan, serta warna catnya yang digunakan pada dinding dan kubah masjid tersebut.
Masjid-Agung-Al-Mujahidin-Selong
Makanan Populer di Lombok Timur

Plecing Kangkung


Plecing Kangkung, makanan khas Lombok ini terdiri dari kangkung yang direbus beserta sambal tomat yang terbuat dari racikan cabai rawit, garam, terasi, dan lainnya. Yang membuat makanan ini lezat untuk dinikmati adalah kangkung khas Lombok yang berbeda dengan kangkung yang biasa tumbuh di pulau Jawa.
Plecing-Kangkung2

Sate Bulayak


Sate Bulayak, Sate bulayak dimakan sengan lontong yang dibungkus dengan daun aren atau sejenisnya dengan bentuk memanjang seperti spiral. Sedangkan satenya terbuat dari daging sapi yang dilumuri bumbu khas Sasak. Cara makannya dengan menyatukan sate bulayak ke bumbu sate yang sudah disediakan, dan dimakan bersama lontong. Penjual sate bulayak banyak ditemui di beberapa objek wisata seperti halaman Pura Lingsar, Taman Narmada, Taman Suranadi, dan berbagai tempat wisata lainnya.
Sate-Bulayak2

Nasi Balap Puyung


Nasi Balap Puyung, Nasi balap puyung adalah makanan tidak terlalu istimewa, namun cita rasanya yang benar-benar membuat para pecinta kuliner ingin lagi dan lagi. Nasi ini berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. Nasi Balap Puyung yang paling terkenal di Lombok adalah nasi balap puyung cap Inaq Esun yang berada di Desa Puyung, Lombok Tengah, dan Lombok Barat di jalan Srwijaya Mataram.
Nasi-Balap-Puyung2

Ayam Taliwang


Ayam Taliwang, Ayam Taliwang adalah salah satu makanan paling populer di Lombok. Ayam taliwang biasanya dimasak dengan beberapa pilihan, yaitu dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar. Ayam Taliwang akan semakin lezat jika menggunakan ayam kampung, Kelezatan dari ayam taliwang juga terdapat dibumbunya yang super pedas.
Ayam-Taliwang2

Bebalung


Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan kunyit plus jahe. Di Lombok Barat, sajian bebalung yang paling terkenal dijual di depot Kelebet yang berada di jalan HOS Cokroaminoto.
Bebalung2

Ares


Ares adalah sayuran khas Lombok yang bahan utamanya berasal dari pelepah pisang atau gedebok pisang yang masih muda. Rasa hidangan yang memakai santan ini cukup unik dan gurih. Ares dahulu dikenal karena merupakan makanan tradisional Suku Sasak, yang disajikan pada acara pernikahan hingga saat ini populer dan menjadi salah satu makanan khas Lombok.
Ares2