Lombok-Timur_Banner_03

Kabupaten Lombok Timur


Kabupaten Lombok Tengah adalah salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Ibu kota daerah ini ialah Praya. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.208,39 kmĀ² dengan populasi sebanyak 860.209 jiwa. Wilayah Lombok Tengah yang membujur dari utara ke selatan tersebut mempunyai letak dan ketinggian yang bervariasi mulai dari nol (0) hingga 2000 meter dari permukaan laut. Secara garis besar topografi masih mirip dengan kabupaten lain di pulau Lombok.
Lombok-Tengah-Icon

Tempat – Tempat Wisata di Lombok Tengah

Pantai Tanjung Aan


Pantai Tanjung Aan merupakan tempat asal Sang Puteri Mandalika. Pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia,pantai tanjung aan terkenal dengan pasirnya yang berbentuk bulat seperti merica.Pantai Tanjung Aan ini dikelilingi oleh beberapa bukit. Pengunjung dapat dengan mudah mencapai bukit tersebut, bila ingin melihat pemandangan Pantai Aan yang indah dari ketinggian.
Pantai-Tanjung-Aan

Air Terjun Benang Kelambu


Air Terjun Benang Kelambu merupakan salah satu dari beberapa wisata alam air terjun yang sangat menarik untuk dikunjungi. Air Terjun Benang Kelambu ini merupakan tetangga dari Air Terjun Benang Stokel yang juga berada di daerah Kabupaten Lombok Tengah bagian utara atau tepatnya di Dusun Pemotoh Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara.disepanjang perjalanan pengunjung dapat merasakan udara segar pegunungan yang sejuk serta nuansa alam yang masih sangat alami, karena lokasi Air Terjun Benang Kelambu ini letaknya di tengah-tengah hutan tropis yang hijau.
Air-Terjun-Benang-Kelambu

Pantai Kuta


Pantai Kuta merupakan sebuah pantai Lombok yang indah, terletak di arah selatan Pulau Lombok, pantai ini memiliki pasir putih dan air yang jernih. Selain Menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga bisa menikmati olahraga air.
Pantai-Kuta

Pemandian Aik Bukak


Pemandian Aik Bukak merupakan objek wisata tertua di Lombok Tengah.Pendirian kolam pemandian ini didesain dengan menggabungkan banyak unsur alam. Kolamnya dikelilingi hutan hijau dengan suasana alam yang segar. Aik Bukak berada di Desa Aik Bukak, Kecamatan Batukliang.
Pemandian-Aik-Bukak

Pusat Kerajinan Tenun Tradisional


Pusat kerajinan tenun tradisional yang terdapat di Desa Wisara khas Lombok, Desa Sukarare. bisa melihat kain tenun Lombok dan cara pembuatannya. Desa Sukarara adalah sebuah desa kecil yang memiliki pemandangan yang begitu sangat indah yang terletak di Desa Sukarara, Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah. Tenun merupakan pekerjaan utama bagi penduduk perempuan desa tersebut selain bertani. Hasil tenunan khas Desa Sukarare adalah Sarung Songket, biasanya sarung tersebut digunakan pada saat upacara adat, seperti pesat besar atau begawe beleq yang merupakan upacara khas Lombok.
Kerajinan-Tenun-lombok

Masjid Kuno Rembitan


Masjid Kuno Rembitan adalah nama sebuah desa di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Jika dari Kota Mataram jarak yang di tempuh adalah kurang lebih 49 km atau sekitar kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Kondisi topografi wilayah ini merupakan daerah perbukitan yang dilintasi jalan raya menuju kawasan wisata pantai selatan pulau Lombok.Bangunan dari Masjid Kuno Rembitan terletak di tengah-tengah perkampungan penduduk. Masjid ini terletak di atas bukit yang masih dikelilingi oleh rumah-rumah penduduk disekitaran masjid.
 masjid-kuno-Rembitan

Pantai Selong Belanak


Pantai Selong Belanak merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Kabupaten Lombok Tengah, terutama keindahan dan keasriannya, serta kebersihan area pantai. Pantai ini memiliki garis pantai yang melengkung seperti bulan sabit, dengan beberapa bukit di bagian ujung sabit. Dengan kondisi pantai yang demikian, pengunjung yang datang dapat melakukan berbagai aktivitas di area pantai ini. Seperti sekedar bersantai – santai, berjalan-jalan menikmati suasana pantai, berjemur, berenang, dan lain sebagainya.
pantai-selong-belanak

Desa Sade


Desa Sade merupakan salah satu dusun di desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Dusun ini dikenal sebagai dusun yang mempertahankan adat suku Sasak. Suku Sasak Sade sudah terkenal di telinga wisatawan yang datang ke Lombok. Sebagai desa wisata, Sade punya keunikan tersendiri, penduduk Desa Sade di Rembitan, Lombok Tengah masih berpegang teguh menjaga keaslian desa.
Desa-Sasak
Makanan Populer di Lombok Tengah

Plecing Kangkung


Plecing Kangkung, makanan khas Lombok ini terdiri dari kangkung yang direbus beserta sambal tomat yang terbuat dari racikan cabai rawit, garam, terasi, dan lainnya. Yang membuat makanan ini lezat untuk dinikmati adalah kangkung khas Lombok yang berbeda dengan kangkung yang biasa tumbuh di pulau Jawa.
Plecing-Kangkung1

Sate Bulayak


Sate Bulayak, Sate bulayak dimakan sengan lontong yang dibungkus dengan daun aren atau sejenisnya dengan bentuk memanjang seperti spiral. Sedangkan satenya terbuat dari daging sapi yang dilumuri bumbu khas Sasak. Cara makannya dengan menyatukan sate bulayak ke bumbu sate yang sudah disediakan, dan dimakan bersama lontong. Penjual sate bulayak banyak ditemui di beberapa objek wisata seperti halaman Pura Lingsar, Taman Narmada, Taman Suranadi, dan berbagai tempat wisata lainnya.
Sate-Bulayak1

Nasi Balap Puyung


Nasi Balap Puyung, Nasi balap puyung adalah makanan tidak terlalu istimewa, namun cita rasanya yang benar-benar membuat para pecinta kuliner ingin lagi dan lagi. Nasi ini berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. Nasi Balap Puyung yang paling terkenal di Lombok adalah nasi balap puyung cap Inaq Esun yang berada di Desa Puyung, Lombok Tengah, dan Lombok Barat di jalan Srwijaya Mataram.
Nasi-Balap-Puyung1

Ayam Taliwang


Ayam Taliwang, Ayam Taliwang adalah salah satu makanan paling populer di Lombok. Ayam taliwang biasanya dimasak dengan beberapa pilihan, yaitu dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar. Ayam Taliwang akan semakin lezat jika menggunakan ayam kampung, Kelezatan dari ayam taliwang juga terdapat dibumbunya yang super pedas.
Ayam-Taliwang1

Bebalung


Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan kunyit plus jahe. Di Lombok Barat, sajian bebalung yang paling terkenal dijual di depot Kelebet yang berada di jalan HOS Cokroaminoto.
Bebalung1

Ares


Ares adalah sayuran khas Lombok yang bahan utamanya berasal dari pelepah pisang atau gedebok pisang yang masih muda. Rasa hidangan yang memakai santan ini cukup unik dan gurih. Ares dahulu dikenal karena merupakan makanan tradisional Suku Sasak, yang disajikan pada acara pernikahan hingga saat ini populer dan menjadi salah satu makanan khas Lombok.
Ares1