lombok-barat_Banner_03

Kabupaten Lombok Barat


Kabupaten Lombok Barat merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibu kotanya ialah Gerung. Lombok Barat merupakan salah satu kabupaten yang sangat penting untuk Nusa Tenggara Barat, karena merupakan pusat pemerintahan di wilayah ini. Lombok Barat juga terkenal akan pantai – pantainya yang indah, salah satunya adalah Pantai Senggigi
Lombok_Barat

Tempat – Tempat Wisata di Lombok Barat

Bukit malimbu


Bukit malimbu adalah dataran tinggi yang dijadikan sebagai terusan dari Pantai Senggigi, lokasi wisata ini letaknya di kabupaten Lombok Barat. Di tempat wisata ini terdapat pasir putih disepanjang bukit. wisatawan yang berkunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bukit yang Indah dan mempesona, serta menyaksikan matahari terbenam pada sore hari yang akan terlihat jelas dari puncak atas.
Bukit-malimbu

Sekotong


Sekotong terkenal dengan keindahan panorama pantainya yang berpasir putih, Di daerah Sekotong juga terdapat pulau – pulau kecil yang di sebut Gili oleh masyarakat sekitar. Salah satu Gili yang paling sering di kunjungi oleh wisatawan baik nusantara maupun mancanegara adalah Gili Nanggu.
Sekotong-Lombok

Taman Narmada


Taman Narmada merupakan salah satu tempat wisata di lombok barat yang juga menarik untuk dikunjungi hal ini dikarenakan lokasi wisatanya yang unik dan antik.Letak lokasi tempat wisata ini sekitar 10 km dari arah timur ibukota Nusa Tenggara Barat Mataram.
Taman-Narmada

Sesaot


hutan wisata yang masih alami, asri dan indah. Hutan ini banyak dikunjungi pada saat liburan sekolah.
Biasanya dipakai untuk kegiatan outbond untuk mengisi mas liburan. Di hutan wisata ini terdapat sebuah sungai yang di sebut Aiq Nyet.Sungai tersebut tidak pernah kering walaupun di musim kemarau. Keaslian alamnya memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke hutan wisata Sesaot.
Sesaot

Pantai Senggigi


Pantai Senggigi merupakan area resort yang paling tua dan paling terkenal di Lombok. Pantai ini memiliki ciri khas pasir putih dengan garis pantai yang panjang. Pantai ini menawarkan panorama alam perbukitan yang mengelilingi lokasi obyek wisata yang indah. di lokasi obyek wisata senggigi juga sering digunakan sebagai tempat melaksanakan acara-acara budaya seperti festival senggigi.
Pantai-Senggigi

Pantai Batu Bolong


Pantai Batu Bolong memiliki batu besar dengan sebuah bolongan di dalamnya. Letaknya dekat kuil Hindu yang berada di atas puncak, dan jika memandang ke bawah akan terlihat selat Lombok sampai gunung Agung yang penuh
keagungan di Bali.
Pantai-Batu-Bolong

Hutan Wisata Pusuk


Hutan Wisata Pusuk terletak di sebelah utara, berbatasan langsung dengan kabupaten Lombok Utara. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati iklim pegunungan dan menjumpai kelompok kera yang memang bertempat tinggal di Hutan Pusuk. Karena lokasi ini merupakan daerah perbukitan.
Hutan-Wisata-Pusuk
Makanan Populer di Lombok Barat

Plecing Kangkung


Plecing Kangkung, makanan khas Lombok ini terdiri dari kangkung yang direbus beserta sambal tomat yang terbuat dari racikan cabai rawit, garam, terasi, dan lainnya. Yang membuat makanan ini lezat untuk dinikmati adalah kangkung khas Lombok yang berbeda dengan kangkung yang biasa tumbuh di pulau Jawa.
Plecing-Kangkung

Sate Bulayak


Sate Bulayak, Sate bulayak dimakan sengan lontong yang dibungkus dengan daun aren atau sejenisnya dengan bentuk memanjang seperti spiral. Sedangkan satenya terbuat dari daging sapi yang dilumuri bumbu khas Sasak. Cara makannya dengan menyatukan sate bulayak ke bumbu sate yang sudah disediakan, dan dimakan bersama lontong. Penjual sate bulayak banyak ditemui di beberapa objek wisata seperti halaman Pura Lingsar, Taman Narmada, Taman Suranadi, dan berbagai tempat wisata lainnya.
Sate-Bulayak

Nasi Balap Puyung


Nasi Balap Puyung, Nasi balap puyung adalah makanan tidak terlalu istimewa, namun cita rasanya yang benar-benar membuat para pecinta kuliner ingin lagi dan lagi. Nasi ini berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. Nasi Balap Puyung yang paling terkenal di Lombok adalah nasi balap puyung cap Inaq Esun yang berada di Desa Puyung, Lombok Tengah, dan Lombok Barat di jalan Srwijaya Mataram.
Nasi-Balap-Puyung

Ayam Taliwang


Ayam Taliwang, Ayam Taliwang adalah salah satu makanan paling populer di Lombok. Ayam taliwang biasanya dimasak dengan beberapa pilihan, yaitu dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar. Ayam Taliwang akan semakin lezat jika menggunakan ayam kampung, Kelezatan dari ayam taliwang juga terdapat dibumbunya yang super pedas.
Ayam-Taliwang

Bebalung


Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan kunyit plus jahe. Di Lombok Barat, sajian bebalung yang paling terkenal dijual di depot Kelebet yang berada di jalan HOS Cokroaminoto.
Bebalung

Ares


Ares adalah sayuran khas Lombok yang bahan utamanya berasal dari pelepah pisang atau gedebok pisang yang masih muda. Rasa hidangan yang memakai santan ini cukup unik dan gurih. Ares dahulu dikenal karena merupakan makanan tradisional Suku Sasak, yang disajikan pada acara pernikahan hingga saat ini populer dan menjadi salah satu makanan khas Lombok.
Ares