ishigaki-banner.jpg

Tempat – Tempat Wisata di Ishigaki

 

Ishigaki

Ishigaki yang juga dikenal sebagai Ishigakijima, sebuah pulau di barat Okinawa dan pulau kedua terbesar dari bagian Pulau Yaeyama. Letaknya ada di kota Ishigaki di Prefektur Okinawa. Kota ini berperan sebagai pusat bisnis dan transportasi kepulauan. Sama seperti pulau lainnya di Okinawa, Ishigaki dipengaruhi budaya Jepang dan Taiwan karena letaknya, sekitar 300km timur laut pesisir Taiwan. Ishigaki adalah tujuan wisata pecinta iklim tropis karena memiliki pantai-pantai indah dengan air jernih seperti kristal.

ishigaki

Kabira Bay (Kabirawan)

Kabira Bay mungkin menjadi spot di Ishigaki yang paling banyak difoto. Terletak di timur laut pulau ishigaki, Kabira menarik ribuan pengunjung tiap tahunnya yang penasaran ingin melihat apakah airnya benar berwarna turquoise seperti yang ada di buku panduan wisata atau iklan. Dan ternyata airnya benar berwarna turquoise dikelilingi pemandangannya yang sangat indah.

ishigaki-kabira

Yufu Island (Yufujima)

Yufu-jima adalah sebuah pulau yang berdekatan Iriomote-jima, tetapi tidak ada jalan atau jembatan yang menghubungkan keduanya. Anda dapat menyeberang dengan jalan kaki atau dengan kerbau sambil menikmati pemandangan alam dan kehidupan desa. Disini juga ada kebun yang menanam tumbuhan subtropis. Banyak restoran dan cafe yang dapat anda coba disini.

ishigaki-yufu-island

Taketomi

Berjarak 4km dari selatan Ishigaki, dapat ditempuh dengan perahu sekitar 10 menit dari pelabuhan Ishigaki. Pulau ini memiliki sebuah desa di tengahnya dengan nama yang sama. Taketomi dikenal dengan Traditional Okinawan karena rumah, dinding batu, dan jalan-jalan berpasir yang populer di kalangan wisatawan. Aktifitas yang sering dilakukan wisatawan bersantai di pantai, snorkeling, naik kereta sapi keliling desa, sekedar jalan santai atau bersepeda di sekitar pulau sambil menikmati pemandangan alam.

ishigaki-taketomi

Buffalo Cart Ride

Hal unik yang dapat dicoba disini adalah keliling pulau Taketomi sambil naik di gerobak sapi. Rute untuk gerobak ini akan membawa Anda melalui daerah pemukiman pulau, di mana Anda dapat melihat atap merah dan pagar batu yang merupakan gaya arsitektur klasik di Taketomi. Biasanya orang yang memandu perjalanan akan bernyanyi sambil memainkan sanshin (alat musik petik Okinawa).

ishigaki-buffalo-cart

Iriomote Island – Nakama River Cruise

Iriomote merupakan tujuan scuba diving populer terutama sungai Manta Way, selat antara Iriomote dan dekat Pulau Kohama. Pulau ini juga merupakan rumah dari Iriomote Yamaneko, salah satu jenis kucing liar, yang ditemukan pada tahun 1965 dan hanya ditemukan di Iriomote. Nakama river cruise menjadi aktifitas terkenal disini. Selama satu jam perjalanan, pemandu akan menjelaskan mengenai sungai dan pohon mangrove yang membentang di sepanjang jalan.

ishigaki-iriomote

Sukuji Beach

Pantai cantik di sebelah barat laut Ishigaki yang wajib masuk dalam daftar kunjungan wisatawan. Pantai Sukuji dikelilingi gunung dan jika sedang cerah, Oganzaki Lighthouse dapat terlihat dengan jelas. Yang membedakan Pantai Sukuji dengan yang lain adalah kedalaman airnya yang sangat dangkal.

ishigaki-sukuji-beach

Tamatorizaki Observation Point

Berada di timur laut pulau Ishigaki, Tamatorizaki menjadi tujuan utama wisatawan. Jalan setapak memandu pengunjung dari tempat parkir menuju titik tempat observasi yang menyajikan pemandangan luar biasa dari semenanjung Hirakubo ke utara. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan dua samudera; Laut Cina Timur dan Samudra Pasifik.

ishigaki-tamatorizaki

Hirakubozaki Lighthouse

Mercusuar Hirakubozaki dibangun dengan latar pulau kecil yang airnya sangat jernih dan indah. Di sebelah timur mercusuar, terlihat pemandangan menakjubkan bukit berbatu yang mengarah ke pantai. Pengjung sangat dianjurkan untuk mengunjungi tempat ini, terutama bagi yang memilihi hobi fotografi. Melakukan perjalanan ke tempat ini ketika cuaca cerah dijamin dapat memanjakan mata.

ishigaki-hirakubo

 

Makanan Populer di Ishigaki

Okinawa Soba

Soba Okinawa terbuat dari gandum dan mirip udon Jepang. Kenyal dan tebal, Okinawa soba biasanya disajikan dengan kaldu babi, daun bawang, jahe, kamaboko (kue ikan), dan babi. Secara tradisional, Soba Okinawa disajikan panas. Beberapa memiliki resep Soba Okinawa dingin, salah satunya Soba Soki (diatasanya ditambah iga), dan Soba Tebichi (ditambah kaki babi).

ishigaki-okinawa-soba

Goya Champur

Goya champur adalah salah satu makanan khas Okinawa. Goya berarti pare, dan champur yang berarti sesuatu yang dicamput. Hidangan ini merupakan gabungan tumisan pare, tahu, daging babi, dan telur. Rasa pare sangat pahit namun memiliki banyak manfaat.

ishigaki-goya-campur

Beniimo

Beni imo atau ubi Okinawa merupakan salah satu makanan kaya vitamin dan tinggi akan antioksidan. Kulit luarnya berwarna kekuningan dengan bintik hitam dan dagingnya berwarna ungu. Ubi Okinawa memiliki tekstur lembut dengan rasa sedikit manis. Hasil olahan ubi Okinawa yang terkenal untuk oleh – oleh adalah kue kecil yang dikemas dengan cantik.

ishigaki-beni-imo

Home

Wisata Jepang

Gampang Internet-an di Jepang-

Click Here