ehime-main-banner

Tempat – Tempat Wisata di Ehime

ehime-map

 

Prefektur Ehime

Merupakan bagian Shikoku yang terletak di bagian barat laut. Secara literatur, Ehime 「愛媛」 memiliki arti “lovely princess” karena iklim di prefektur Ehime sangat hangat dan sejuk serta kaya akan keindahan alamnya. Dikelilingi oleh Laut Pedalaman Seto, atau laut Aegea dan Shikoku Mountains Range termasuk Gunung Ishizuchi (puncak tertinggi di Jepang barat). Laut pedalaman Seto telah memberi dampak besar pada pembangunan prefektur Ehime sebagai rute maritim, menghubungkan Kyoto dan Kyushu.

ehime-prefecture

Matsuyama Castle

Matsuyama Castle adalah salah satu dari dua belas “kastil asli” Jepang. Kastil ini tetap utuh sejak era pasca-feodal sejak tahun 1868. Kastil ini juga salah satu kastil yang paling kompleks dan menarik di Jepang. Untuk menuju tower kastil ini dapat dijangkau dengan kereta gantung atau lift. Anda juga dapat mendaki sambil menikmati pemandangan. Di sekitarnya ada sekitar 200 pohon sakura sehingga biasa menjadi spot menikmati Sakura sekitar akhir Maret sampai awal April setiap tahun.

ehime-matsuyama-castle

Mount Ishizuchi

Gunung Ishizuchi merupakan gunung tertinggi di Jepang barat, terletak di jajaran Gunung Shikoku antara Prefektur Ehime dan Prefektur Kochi. Gunung ini merupakan bagian dari atap Shikoku. Gunung yang memiliki puncak seperti pedang ke langit ini telah dikenal sebagai tempat suci. Selain itu, dikenal juga sebagai salah satu dari 100 gunung terkenal di Jepang dengan alam yang masih alami. Di puncak gunung terdapat kuil kecil yang disebut Ishizuchi Shrine.

sapporo_snowfest2

Dogo Onsen

Spa tertua di Jepang, Dogo-onsen Hot Spring terletak di Matsuyama, ibukota Ehime , yang dikatakan sudah memiliki sejarah selama 3000 tahun. Sebuah legenda mengatakan, zaman dahulu kala tempat pemandian ini dapat menyembuhkan penyakit dewa. Waktu yang pas untuk berendam disini adalah saat musim semi. Akses mudah dari pusat kota telah membuat Dogo-onsen menjadi tujuan paling populer di Matsuyama.

ehime-dogo-onsen

Uchiko

Uchiko (内子), kota kecil yang nyaman berlokasi sekitar 40km barat daya dari Matsuyama, Ehime. Kota ini sangat tenang, sulit dibayangkan jika dahulu tempat ini pernah menjadi pusat ekonomi dan budaya yang memproduksi arsitektur dan seni. Berderet toko-toko menarik yang menghiasi jalan-jalan di Uchiko yang menjual souvenir dan produk lokal. Uchiko dapat diakses dengan mudah dari Matsuyama dengan kereta atau mobil. Jika berada di Ehime saat musim panas, Anda dapat mengisi waktu berkunjung menikmati Sasa Matsuri.

ehime-uchiko

Shimanami Kaido

Setouchi Shimanami Kaido (Nishiseto Expressway) adalah jalan raya yang menghubungkan 6 pulau antara Imabari di Ehime dan Onomichi di Hiroshima dengan 9 jembatan . Panjang rute ini sekitar 60 km, membuat Ehime lebih mudah diakses dari kota-kota besar di Honshu. Fitur yang tidak biasa dari jalur maritim ini, ada satu jembatan untuk jalur pejalan kaki dan sepeda.

ehime-shimanami

Botchan Ressha

Lokomotif uap yang dahulu berjalan melintasi seluruh Matsuyama selama 67 tahun dari tahun 1888. Botchan Ressha adalah mobil bertenaga diesel yang diperbaiki tahun 2001. Keliling daerah perkotaan dengan mobil uap klasik dari generator asap yang tentu akan membawa rasa nostalgia. (Layanan harian dari Dogo Onsen Station ke pusat kota.)

ehime-bocchan-reisha

Imabari Towel

Imabari mengklaim kotanya sebagai produsen handuk No.1, baik dari segi kualitas dan kuantitas dengan 60% dari pasar domestik. Ada berbagai produk handuk yang tersedia seperti jubah mandi dan muffler handuk. Material-material baru termasuk kenaf dan bambu, dan teknik-teknik baru yang digunakan untuk meningkatkan tekstur dan properti air menyerap.

ehime-imabari-towel

 

Makanan Populer di Ehime

Jeruk

Ehime menjadi salah satu penghasil jeruk utama di Jepang. Diberkati iklim sejuk, tanah subur, dan sinar matahari berlimpah menjadikan Ehime sebagai tempat budidaya jeruk atau mikan dalam bahasa Jepang. Selain jeruk mandarin, di Ehime juga memproduksi jenis lain seperti iyokan, ponkan, kiyomi tangor, dekopon, dll. Jeruk disini juga diproduksi sebagai manisan, minuman, bahkan souvenir yang dijual di seluruh prefektur.

ehime-mikan

Taruto

Berasal dari tahun 1600-an ketika Raja zaman feodal Matsuyama membawa resep penganan ala Eropa dari Nagasaki. Awalnya, Taruto adalah sponge roll berisi selai, tetapi konon ide menambahkan pasta kacang merah di atasnya berasal dari ide sang Raja. Kue sponge yang sudah dilapisi pasta kacang merah dan citron kemudian digulung membentuk karakter huruf hiragana Jepang “no” yang elegan dan indah.

ehime-taroto

Taimeshi

Salah satu masakan lokal tradisional paling terkenal dari Ehime yang menjadi kebanggaan sebagai hasil penangkapan ikan terbesar di Jepang. Cara menyajikannya dibedakan menjadi dua; daerah timur (Imabari/ Matsuyama) dan selatan (Uwajima). Di daerah timur, seluruh bagian ikan diletakkan di atas nasi dalam panci dan dimasak bersamaan. Ketika nasi siap, potong ikan lalu diaduk, siap untuk disantap. Sedangkan di selatan, Tai-meshi (Hyuga meshi) disajikan dengan nasi dan sashimi yang dicelupkan ke saus bumbu kecap dicampur dengan telur mentah di atasnya, ditaburi daun bawang.

ehime-taimeshi

Home

Wisata Jepang

 

Rekomendasi Tour Ehime
ehime-group-tour
ehime-group-tour

Gampang Internet-an di Jepang-

Click Here