Akita-jepang

Akita Prefecture

Akita merupakan sebuah prefektur yang terletak di bagian timur laut wilayah Tohoku dan beribu kota di Kota Akita. Akita dikenal dengan keindahan alam dan budayanya yang memukau. Seperti halnya prefektur-prefektur lain di wilayah Tohoku, perekonomian di Akita ditopang oleh industri tradisional seperti pertanian, perikanan dan sumber daya hutan.

Akita-jepang

Tempat – Tempat Wisata di Akita

Senshu Park

Taman Senshu (千秋公園) dibuat di dalam lingkungan Kastil Kubota, yang dibuat pada tahun 1602. Keindahannya bahkan membuat taman ini masuk ke dalam 100 taman terindah di Jepang. Taman Senshu dapat dinikmati di setiap musim, namun saat terbaik mengunjungi taman ini adalah di musim semi, ketika sekitar 800 pohon ceri sedang bermekaran membuat pengunjung berbondong-bondong untuk mengadakan ‘hanami’ di Taman Senshu.

Akita-jepang

Lake Tazawa

Ke Akita tidak lengkap kalau tidak mengunjungi Danau Tazawa. Danau kaldera yang berkedalaman hingga 400 meter ini memiliki air yang berwarna biru jernih dengan pasir putih di pesisirnya. Tepi Danau Kazawa dihiasi oleh patung emas Tatsuko, yang menjadi ikon dari danau ini.

Akita-jepang

Kuroyu Onsen

Kuroyu Onsen merupakan salah satu onsen yang paling terkenal di Akita. Onsen ini berada di lembah dengan pemandangan alamnya yang sangat cantik. Meskipun cukup jauh dari perkotaan, onsen ini sangat mudah dicapai. Onsen ini merupakan bagian dari Taman Nasional Hachimantai dan lokasinya dekat dengan Danau Tazawa.

Akita-jepang

Kakunodate

Kakunodate merupakan kota yang sunyi dan tenang yang masih sangat kental dengan suasana masa lalu. Sebagai kota yang dijuluki sebagai kota samurai ini, kamu akan dapat menemukan benteng dan rumah-rumah peninggalan samurai. Meskipun saat ini banyak rumah yang telah menjadi milik pribadi, masih ada beberapa rumah samurai yang dapat dikunjungi masyarakat luas yaitu Ishiguro, Nishinomiya dan Aoyagi.

Akita-jepang

Dakigaeri Gorge

Jurang Dakigaeri atau Ngarai Dakigaeri ini hanya berjarak sekitar 15 menit menggunakan mobil dari Stasiun Kakunodate. Di sana tersedia jalur kecil untuk mengitari tepi tebing yang di bawahnya terdapat aliran sungai yang berwarna biru, serta melihat Air Terjun Mikaeri.

Akita-jepang

Shirakami Sanchi

Shirakami Sanchi merupakan istilah atau sebutan yang merujuk pada pegunungan dari barat laut Akita hingga barat daya Anomori. Shirakami Sanchi termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO di tahun 1993. Sejak masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, jalur masuk hanya bisa melalui jalur yang sudah disediakan demi menekan pengaruh negatif terhadap ekosistem alam dan apabila ingin mendaki di luar jalur yang telah disediakan membutuhkan pemberitahuan terlebih dahulu.

Akita-jepang

Akita Museum of Modern Art

Museum Seni Akita merupakan museum yang terletak di Kota Akita yang berjarak sekitar 10 menit dari Stasiun Akita. Museum ini memamerkan banyak koleksi dari Fujita Tsuguharu (1886 – 1968), yang juga dikenal sebagai Leonard Fujita yang sangat dikenal dengan karyanya yang bergaya barat. Selain karya dari Fujita, museum ini juga memamerkan berbagai koleksi dari Hirano Masakichi.

Akita-jepang

Hinokinai River

Sungai ini menjadi lokasi wisata favorit masyarakat dan wisatawan terutama di musim semi karena terdapat pohon ceri yang ditanam sepanjang 2 kilometer. Di sekitar area ini juga diadakan berbagai festival seperti Tarian Sasara-mai dan Festival Yama-buttsuke.

Akita-jepang

Kanto Festival

Kota Akita merupakan tempat berlangsungnya festival Kanto, yang merupakan festival musim panas terbesar di Prefektur Akita dan termasuk ke dalam 4 festival musim panas terbesar di Wilayah Tohoku. Setiap tahunnya acara ini dapat menarik hingga 1,1 juta pengunjung yang ingin menyaksikan iringan batang bambu yang dihiasi oleh puluhan lentera kertas

Akita-jepang

 

Makanan Populer di Akita

Kiritanpo

Kiritanpo adalah makanan tradisional Prefektur Akita. Biasanya dimasak dengan daging dan sayur sebagai nabe. Kiritanpo terbuat dari nasi Jepang yang ditumbuk kasar hingga membentuk adonan seperti ketan. Pada zaman dulu, Kiritanpo merupakan makanan yang disimpan dan disajikan untuk penebang kayu dan pemburu.

Akita-jepang

Morokoshi

Morokoshi merupakan oleh-oleh khas Akita yang dibuat dengan mencampurkan tepung kacang merah dan gula hingga membentuk sebuah balok-balok kecil. Namun terkadang Morokoshi juga dibuat menjadi bentuk yang bervariasi. Teksturnya sedikit basah dan ketika mencicipinya, akan terasa harum dari kacang merah (azuki) yang dipanggang.

Akita-jepang

Sake

Akita selain dikenal sebagai kota penghasil beras juga terkenal akan kelezatan sakenya. Salah satu yang paling terkenal adalah Daiginjo Sake, yang merupakan jenis sake dengan kualitas terbaik dan juga junmaishu tradisional yang dibuat hanya dengan beras dan ragi beras saja.

Akita-jepang

Wisata Jepang

Gampang Internet-an di Jepang-

Click Here