Jeju Island

Jeju adalah pulau terbesar di Korea Selatan yang terletak di sebelah selatan semenanjung Korea. Pulau Jeju merupakan satu-satunya provinsi di Korea Selatan yang memiliki otonomi khusus. Pulau jeju terbentuk akibat aktivitas gunung vulkanik 2 juta tahun lalu. Ditengah Pulau Jeju terdapat Hallasan ( Gunung Halla) yan merupakan gunung tertinggi di Korea. Pulau Jeju memiliki cuaca hangat sepanjang tahun dan pada musim dingin jarang turun salju, sehingga tanaman – tanaman subtropis dapat tumbuh disini.

 jeju

Tempat – Tempat Wisata di Jeju

Seongsan Ilchulbong Peak

Seongsan Ilchulbong Peak, disebut juga ‘Puncak Matahari Terbit’ merupakan sebuah kawah yang memiliki luas 99.000M dan tinggi 182 m yang terjadi akibat letusan gunung berapi yang berada di dasar laut yang terletak di timur Pulau Jeju, yang terjadi sekitar lima ribu tahun yang lalu. Seongsan Ilchulbong Peak dikelilingi dengan hamparan bunga canola yang berwarna kuning, disini para wisatawan dapat menikmati indahnya matahari terbit, berjalan0jalan menikmati keindahan alam serta berkuda.

 seongsan-ilchulbong-peak1

Mok Seok Won

Mok Seok Won merupakan sebuah taman yang didalamnya terdapat ribuan karya seni yang terbuat dari kayu dan batu yang berbentuk kepala manusia. Patung-patung yang berada di Mok Seok Won memiliki cerita masing-masing, wisatawan dapat merasakan kekuatan dan kehidupan masyarakat Jeju. Disini wisatawan dapat melihat Menara Batu yang menampilkan Solmundae Grandmother yang merupakan Nenek yang sangat terkenal di Jeju dan 500 anak-anaknya.

 mon-seok-won

Halla Arboretum

Halla Arboretum merupakan tempat yang didirikan untuk kepentingan belajar dan pelestarian lingkungan. Dibuka pada tahun 1993, Gwangioreum memiliki 909 jenis tanaman lokal dan tanaman subtropis yang dipamerkan disini. Disni juga terdapat 2.722 tanaman yang terancam punah dan langka seperti Michelia Compressa dan Euchresta japonica, dan Chloranthus Glaber yang hanya tumbuh di Cheonjiyeon.

 halla-arboretum

Manjanggul

Manjanggul merupakan sebuah gua yang terbentuk akibat aktivitas gunung berapi, yang terletak di Gimnyeong-ri, Gujwaeup, Jeju. Manjanggul terkenal sebagai salah satu gua lava yang terbaik di dunia karena memiliki berbagai macam ukuran stalaktit dan stalakmit.

 Manjanggul

Yeomiji Botanical Garden

Berada di Jungmun Resort Yeomiji Botanical Garden merupakan kebun raya terbaik di Asia yang memiliki suasana bagian selatan yang unik. Yeomiji Botanical Garden memiliki tanaman tropis dan subtropis yang terdiri dari berbagai taman seperti taman bunga, taman lili air, taman hutan, taman buah subtropika, kaktus dan ruang onservasi.

 yeomiji-botanical-garden

Hallasan ( Mt. Halla)

Hallasan merupakan landmark dari Pulau Jeju, yang disebut juga dengan Mt. Yeongjusan yang berarti ” Gunung yang cukup tinggi yang dapat menarik galaksi”. Mt. Halla merupakan tempat yang tepat dijadikan sebagai tempat penelitian oleh para peneliti dan ditunjuk sebagai taman nasional pada tahun 1970.

 hallasan

Jeju Bunjae Artpia

Jeju Bunjae Artpia merupakan sebuah taman yang didedikasikan sebagai tempat pemeliharaan bonsai khas Korea, yang dibuka pada bulan Juli 1992. Terletak di desa Jeoji, Hangyeong, Jeju Utara, taman ini memiliki pohon-pohon yang sudah berumur 30-300tahun. Jeju Bunjae Artpia merupakan tujuan wisata yang sangat populer bagi tokoh dunia seperti Jiang Zemin dan Hu Jinto yang merupakan kepala negara China, Nakasore perdana menteri Jepang dan masih banyak lagi.

 jeju-bunjae-artpia


Cheonjeyeon Waterfalls

Cheonjeyeon Waterfalls merupakan air terjun bertingkat tiga yang terletak di Pulau Jeju, yang memiliki arti Kolam Kaisar Langit. Cheonjeyeon Waterfalls adalah salah satu air terjun dari tiga air terjun yang terkenal di Pulau Jeju antara lain air terjun Cheonjiyeon dan air terjun Jeongbang. Konon menurut legenda korea, pada malam hari tujuh bidadari akan turun dari langit dan mandi di kolam air terjun tersebut.

 cheonjeyeon-waterfalls

Jeongbang Waterfall

Jeongbang Waterfall merupakan air terjun yang sangat terkenal di Pulau Jeju, yang terletak di dekat laut. Menurut beberapa sumber Waterfall adalah satu-satunya air terjun di Asia yang airnya langsung jatuh ke laut. Dalam legenda Korea menyatakan bahwa naga suci hidup dibawah Jeongbang Waterfall, roh naga terkandung dalam air sehingga dapat menyembukhan penyakit dan membawa hujan selama musim kemarau, serta air terjun kecil yang berada di dekatnya dikatakan menyerupai seorang hamba yang menunggu tuannya.

 jeongbang-waterfall

Cheonjiyeon Waterfall

Cheonjiyeon berasal dari kata Ch’eon (Langit) dan Ji (Tanah), jadi secara harfiah dapat dikatakan sebagai ” Air Terjun Penghubung Langit dengan Bumi”. Cheonjiyeon Waterfall memiliki tinggi 22 m dan lebar 12m, yang merupakan salah satu tujuan wisata utama di Pulau Jeju. Sumber air terjun Cheonjiyeon berasal dari aliran yeonhee-chun yang keluar dari dinding-dinding Somban Stream.

 cheonjiyeon-waterfall

Oedolgae Rock

Oedolgae Rock merupakan batu karang yang memiliki tinggi 20m yang berada di kota Seougwipo, yang juga dikenal dengan ‘ Changgun Rock”. Oedolgae Rock dikelilingi oleh pulau-pulau indah seperti Bum Island, Sae Island dan Seonnyu Rock. Oedolgae Rock merupakan lokasi syuting drama seri korea terkenal ” Daejangguem”.

 oedolgae

Hallim Park

Hallim Park merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Jeju, terletak 33km sebelah barat dari Kota jeju dan Mt. Hallasan di sepenjang pantai Hallimeup. Hallim Park memiliki luas hampir 100ribu meter persegi dan memiliki berbagai jenis taman yang dapat dinikmati di setiap musim. Dua tempat yang paling terkenal di Hallim Park yaitu Taman Hyeopjaegul dan Gua Ssangyonggul yang dikenal sebagai salah satu gua yang memiliki dua dimensi.

 hallim-park

Yongduam Rock (Dragon Head Rock)

Yongduam Rock merupakan batu karang yang berbentuk kepala naga yang terletak di sebelah utara Kota Jeju. Dari Yongduam Rock para wisatawan dapat melihat Haenyo yang merupakan penyelam perempuan yang bekerja sebagai penangkap seafood. Yongduam merupakan tempat yang sangat populer bagi para pasangan karena terdapat kafe dan restoran seafood yang membentuk desa kafe yang sangat menyenangkan.

 yongduam

Sangumburi Crater

Sangumburi Crater merupakan sebuah kawah yang dikelilingi dengan jalan setapak bagi para wisatawan dan telah ditetapkan sebagai Monumen Alam. Terletak di bagian tenggara Pulau Jeju, Sangumburi Crater merupakan kawah datar yang memiliki lebar sekitar 650m, kedalaman 100m dan bibir kawah selebar 2.070m.

 sangumburi-creater

Seongeup Folk Village

Seongeup Folk Village terletak di sebelah barat Seongsan dibagian timur Jeju. Seongeup Folk Village merupakan desa tradisional bagi penduduk asli Pulau Jeju yang masih mempertahankan gaya hidup khas rakyat jeju dan masih didiami oleh penduduk Pulau Jeju.

 seongeup-village

Mt. Sanbang

Mt. Sanbang merupakan sebuah gunung yang terbentuk akibat aktivitas gunung berapi, gunung ini terletak di Pulau jeju bagian selatan. Nama ” Sanbang” memiliki arti “Gua yang berada didalam gunung”, karena didalam Mt. Sanbang terdapat dua goa dan karena letaknya 150m di atas laut, Mt. Sanbang memiliki pemandangan yang sangat indah.

 Mt.-Sanbang

Makanan Populer di Busan

Jeonbokjuk

Jeonbokjuk merupakan bubur khas korea yang terbuat dari campuran nasi dengan abalone. Jeonbokjuk dianggap sebagai hidangan berkualitas tinggi dalam masakan Korea dan sering disajikan sebagai hidangan bagi kerajaan bagi raja Korea.

 Jeonbokjuk

Korea Products

Click Here