Busan

Busan adalah sebuah kota pelabuhan dan metropolitan tang berada di tenggara Korea Selatan. Busan merupakan kota kedua terbesar di Korea selatan setelah Seoul dan salah satu dari tiga pelabuhan tersibuk di dunia. Busan terletak di muara Sungai Nakdong dengan populasi pensusuk sekitar 4.000.000 jiwa.

 busan-city

Tempat – Tempat Wisata di Busan

Busan Tower

Busan Tower merupakan simbol dari kota Busan yang memiliki tinggi 120m yang berdiri 69m diatas permukaan laut. Bagian atas menara berbentuk lingkaran yang bentuknya menyerupai Dabotap Pagoda di Kuil Bulguksa. Busan Tower merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di Busan karena Busan Tower menawarkan panorama yang menakjubkan, serta dapat melihat Patung Laksamana Yi Sun-shin, Citizens Bell, Flower Clock, Museum Instrumen dan Patung Baeksan An Hee-je.

 Busan-Tower

Busan Museum

Busan Museum merupakan museum yang mengoleksi berbagai macam artefak dan dokumen-dokumen lokal yang menceritakan tenteng sejarah Busan dari zaman prasejarah sampai zaman modern, yang dibuka pada tahun 1978.

 Busan-Museum

Haeundae Beach

Haeundae Beach atau pantai Haeundae merupakan salah satu lokasi wisata yang sangat populer di Busan. Terletak diantara Jalan Haeundae Dalmaji-gil dan Pulau Dongbaekseom, Haeundae Beach memiliki bibir pantai yang luas dengan hamparan pasir pustih. Haeundae Beach sering dijadikan tempat digelarnya festival seperti The Year Festival Baru, Busan, Polar Bear Kolam Contest, Haeundae Sand Festival dan Busan International Film Festival (BIFF).

 Haeundae-Beach

Taejongdae

Taejongdae merupakan sebuah taman alam yang terletak di tebing-tebing yang menghadap langsung ke laut yang berada di selatan pulau Yeongdo-gu. Taejongdae memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan seperti rerimbunan pohon cemara, observatorium, taman hiburan, rumah lampu serta dermaga bagi kapal pesiar. Nama Taejongdae diambil dari nama Raja Taejong muyeol, raja ke-29 dari Kerajaan Silla.

 taejongdae

Songdo Beach

Songdo Beach atau Pantai Songdo terletak di dekat Pulau Geobukseom ( Turtle Island). Nama Pantai Songdo diambil dari nama Pohong Pinus ( Song = Pohon Pinus) yang dimana terdapat pepohonan pinus didekat Pulau Geobukseom.

 songdo-beach

BIFF Square

Sejak tahun 1996 Distrik Theater di Nampo-dong telah dijadikan tempat dilaksanakannya BIFF ( BUsan International Film Festival). Sejak keberhasilannya di awal festival, area teater di perbaharui dan berganti nama menjadi BIFF Square. BIFF Square berada di jalan yang dahulu bernama Buyeong Theater Tua di Nampo-dong sampai ke Jembatan Chungmu-dong diganti menjadi Jalan Bintang dan Jalan Festival. Setiap tahunnya terdapat cetakan tangan dari bintang-bintang yang mengikuti BIFF.

 BIFF-Square

Jagalchi Market

Jagalchi Market merupakan pasar ikan yang terbesar di Korea. Jagalci Market merupakan salah satu tujuan wisata paling terkenal di Busan, disini wisatawan dapat melihat hirup pikuk para penjual dan pembeli ikan segar dan kerang segar yang baru saja di bawa oleh para nelayan.

 Jagalchi-Market

Amnam Park

Amnam Park berada di Gunung Jinjeongsan di Amnam-dong, Busan, Korea selatan. Amnam Park menawarkan pemandangan yang sangat spektakuler, dari lebatnya pepohonan para wisatawan akan menemukan pemandangan laut yang indah.Wisatawan dapat menikmati keindahan laut lebih dekat dengan berjalan sepanjang pantai atau mengunjungi observatorium.

 Amnam-Park


Haedong Yonggungsa Temple

Haedong Yonggungsa Temple dibangun pada tahun 1376 oleh Naong Hwasang yang merupakan Guru Agama Buddha terbaik pada masa Dinasti Goryeo ( 918-1392). Haedong Yonggungsa Temple memiliki arti ” Istana Naga di Laut Timur” yang terletak di tepi pantai. Kuil ini memiliki Ruang doa (Daeungjeon doa), Pagoda tiga lantai, 108 anak tangga, Patung Dewi Buddha yang memiliki tinggi 10 meter( Haesu Gwaneum Daebul) dan mata air.

 Haedong-Yonggungsa-Temple

Nakdong Estuary Eco-Center

Nakdong Estuary Eco-Center merupakan sebuah tempat yang dibangun untuk menunjukkan berbagai bahan yang menunjukkan evolusi muara dan jenis burung migran yang tinggal di tempat tersebut. Disini para wisatawan dapat melihat habitat burung migran yang berada di muara sungai Nakdonggangan dan menawarkan penamdangan indah dari muara sungai, yang juga telah dijadikan sebagai Monumen Alam No. 179.

 Nakdong-estuary-eco-center

Gwangalli Beach

Gwangalli Beach merupakan pantai yang berbentuk bulan sabit yang ditutupi dengan pasir yang sangat halus, terletak di Suyeong-gu. Didekat Gwangalli Beach berjajar kopi shop dan restoran – restoran yang manjajakan makanan yang terbuat dari ikan segar, eonyan bulgogi dan Haejangguk.

 gwanglli-beach

Dalmaji Hill (Haeundae Dalmaji-gil Road)

Dalmaji Hill (Haeundae Dalmaji-gil Road) disebut juga dengan Montmartre Busan, Dalmaji-gil merupakan sebuah jalan yang membentang dari Pantai Haeundae sampai Dalmaji Hill. Nama dari Dalmaji-gil didapat dari keindahan pemandangan bulan yang tampak diatas bukit. Di sepanjang Dalmaji-gil terdapat galeri-galeri, kopi shop yang unik serta restoran yang seakan mengajak wisatawan untuk mengunjunginya.

 dalmaji-hills

Mt. Geumnyeonsan

Mt. Geumnyeonsan terletak di Suyeong-gu dan memiliki tinggi 415 meter diatas permukaan laut. Mt. Geumnyeonsan merupakan rumah bagi Banyaam Hermitage dan Kuil Baramilda. Dari puncak Gunung Geumnyeonsan para wisatawan dapat melihat Pelabuhan Busan dan Pantai Gwangalli.

 mt.-geomnyeonsan

Jindo Bridge

Jindo Bridge merupakan jembatan kembar yang terdiri dari dua jembatan kabel yang menghubungkan Pulau Jindo dengan daratan, bentuknya dapat dilihat dari logo Jindo Country.

 Jindo-Bridge

Makanan Populer di Busan

Maeuntang

Maeuntang adalah sup pedas korea yang terdiri dari ikan, gochujang ( pasta cabai merah kora), kochukaru (bubuk cabai) dan berbagai sayuran. Nama Maeuntang berasal dari kata Maepda (맵다), yang berarti “panas dan pedas” dan Tang berarti “sup”. Maeuntang adalah salah stu hidangan Korea yang paling populer sambil ditemani Soju.

 Maeuntang

Milmyeon

Milmyeon merupakan hidangan khas Busan yang beruapa mie Korea yang berbentuk mie panjang yang tipis, yang mirip dengan Naengmyun. Milmyeon berbahan dasar campuran tepung dengan pati ubi jalar dan kentang dan disugukan dengan kaldu daging. Milmyeon terdiri dari dua macam yaitu Mul Milmyeon dan Bibim Milmyeon yang memiliki perbedaan terutama pada saus pedas untuk Bibim milmyeon.

 Milmyeon

Korea Products

Click Here