Tips
Tips Anti Mati Gaya Wisata di Kota London
2017-07-17 07:39:37
HIS Travel

Ibukota dari negara Inggris yang berada pada ketinggian 35 meter dpl ini tidak pernah berhenti menjadi salah satu destinasi wisata bagi para turis. Dengan seabrek obyek dan daya tarik wisata di kota London -seperti Big Ben, London Eye, Gedung Parlemen, atau sekedar melihat pergantian penjaga di istana Buckingham; sudah barang tentu kota tempat terbentuknya band Coldplay dan Queen ini menjadi serbuan para wisatawan. Berdasarkan data yang dihimpun oleh departemen pariwisata Inggris, tercatat sebanyak 400 juta orang mengunjungi kota London setiap tahunnya.

Angka yang besar tersebut ternyata menimbulkan problematika tersendiri bagi para turis. Apabila dari pihak pemerintah Inggris dan pemerintah kota London telah menyadari beberapa permasalahan tersebut dan melakukan perbaikan-perbaikan yang dirasa perlu, lain halnya dengan para turis. Para turis seringkali memiliki perbedaan cara pkamung, kebiasaan dan budaya yang menyebabkan masalah-masalah yang mengurangi keseruan liburan mereka sendiri. Apabila kamu tidak ingin berakhir seperti mereka, ada baiknya kamu melakukan tips-tips dibawah ini :

 

Suhu dan Cuaca

Bawalah selalu pakaian yang cukup lengkap dan mampu melindungi kamu dari berbagai jenis cuaca, mengingat kondisi cuaca di kota London yang cukup temperamental / tidak menentu, dan diperparah dengan isu global warming yang mencuat di tahun-tahun sebelumnya. Musim panas tidak menjamin bahwa tidak ada badai yang akan mengganggu liburan kamu. Ramalan cuaca merupakan hal pertama yang harus kamu cek sebelum kamu keluar dari tempat penginapan / hotel menuju destinasi wisata anda di kota London.

 

Transportasi

Apabila di Jepang terdapat pass yang berisi paket perjalanan untuk menghemat pengeluaran kamu, di London dikenal dengan nama Oyster Card. Dengan menggunakan Oyster Card dan mendepositkan sejumlah dana wisata kamu di dalamnya, selanjutnya kamu dapat menikmati tarif diskon untuk setiap pemberhentian perjalanan kamu. Dengan begitu kamu akan menghemat cukup banyak uang dalam liburan di kota London. Namun apabila kamu hanya melakukan kunjungan selama 1-2 hari, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan Hop On, Hop Off Bus Pass. Dengan 25-28 Euro, kamu sudah bisa mendapatkan pass yang berlaku seharian penuh dan bebas untuk menaiki bis manapun didalam kota London.

 

Pemilihan lokasi penginapan

imagesource : © Jorge Royan, via Wikimedia Commons

Kota London terbagi kedalam 3 wilayah utama; yakni Greater London, Metro, dan Urban. Ada baiknya anda merencanakan terlebih dahulu destinasi wisata mana saja yang akan anda kunjungi, dan kemudian menyesuaikan lokasi penginapan yang sesuai dengan budget anda. Selain itu usahakan tempat penginapan anda berada di tengah-tengah kumpulan destinasi wisata anda. Mengingat biaya sewa mobil yang relatif mahal, dengan pemilihan lokasi penginapan yang tepat, destinasi wisata anda dapat anda tempuh dengan sedikit perjalanan kaki saja setelah keluar dari stasiun kereta bawah tanah; atau dengan menggunakan sepeda sewaan. Sehingga dengan begitu, kamu juga dapat menghemat pengeluaranmu untuk keperluan transportasi.

 

Waktu kunjungan

Durasi yang ideal untuk mengelilingi obyek dan daya tarik wisata di kota London adalah 5 hari; dengan begitu anda tidak perlu merasa diburu oleh waktu dan dapat menikmati liburan anda. Apabila memungkinkan, hindari mengunjungi kota London di akhir musim semi – musim panas, mengingat masa tersebut merupakan peak season bagi pariwisata London. Sehingga periode waktu yang paling tepat adalah sekitar akhir Februari hingga awal Juni. Dan untuk membantu anda dalam menentukan tempat-tempat untuk makan siang atau hanya sekedar bersantai menikmati kopi, kamu dapat meminta bantuan dari warga setempat / penjaga tempat penginapan anda; kamu juga dapat mengunduh beberapa aplikasi yang memiliki fungsi-fungsi tersebut.