People & Culture
Menikmati Festival di Ishigaki
2016-08-31 10:00:04
HIS Travel

Ishigaki dikenal sebagai kota yang memang penuh dengan hal-hal berbau budaya, tidak terkecuali festival yang setiap tahun diadakan dan selalu ramai oleh pengunjung. Festivalnya pun sangat unik dan sanggup memancing rasa penasaran.

 

Nah, karena dikenal sebagai kota budaya, Ishigaki menawarkan beberapa nama festival untuk dikunjungi setiap tahunnya, di antaranya adalah:

 

1) Festival Orion Beer, Ishigaki-Jima

Image source : www.okinawastory.jp

Makanan lezat dan bir murah, serta hiburan yang padat, apa lagi yang kamu minta? Tidak ada yang lebih baik di musim panas selain menikmati suguhan-suguhan tersebut. Di sebuah pulau kecil Ishigaki-jima, diadakan sebuah festival bir yang disponsori oleh Orion Beer, merk lokal khas Ishigaki. Sekitar 15.000 orang berkunjung ke sana setiap tahun, di lokasi festival yang mengambil tempat di Taman Shin-ei.

 

Festivalnya sendiri dimulai pada sore hari, dan menampilkan banyak hiburan khas Okinawa sampai malam. Di ujung acara, festival ditutup dengan kembang api yang luar biasa dan terlihat sangat meriah.

 

Ishigaki-Jima bisa dicapai menggunakan dua jenis transportasi. Dari bandara Naha, pulau tersebut bisa dicapai dalam waktu sejam menggunakan pesawat terbang ke Ishigaki. Sementara dari Bandara Ishigaki, kamu masih harus berkendara selama 10 menit menggunakan mobil untuk mencapai Ishigaki-Jima. Dari pelabuhan Hirara, Ishigaki-Jima bisa dicapai dalam waktu 5 menit menggunakan mobil.  

 

Waktu penyelenggaraan      : 1 Juli

Jam mulai                          : 15:30 pm

Tempat                               : Taman Shin-ei

Alamat                               : Shin-ei-cho, Ishigaki City, Okinawa 907-0014

 

2) Festival Hari-Taikai (Dragon Boat Race)

Image source : www.y-mainichi.co.jp

Ini adalah sebuah tradisi yang dipinjam dari Tiongkok dan diselenggarakan sebagai penghormatan kepada dewa laut. Konon katanya festival Hari Taikai diadakan untuk mensyukuri hasil panen ikan yang melimpah setiap tahunnya. Ada banyak kelompok lokal yang berpartisipasi di dalam festival tersebut. Namun yang paling menarik adalah perlombaan perahu naga yang diikuti oleh nelayan lokal.

 

Perahu tradisional yang disebut Sabani biasanya digunakan di dalam festival tersebut. Sabani sudah digunakan selama ratusan tahun oleh nelayan lokal di sana. Selain perlombaan perahu, festival Hari-Taikai juga menyajikan banyak stand makanan yang menjual berbagai hidangan tradisional Okinawa. Festivalnya mengambil lokasi di pelabuhan Ishigaki Gyokou yang bisa dicapai dari bandara Ishigaki dalam waktu sepuluh menit menggunakan mobil.

 

Waktu penyelenggaraan   : Awal Juni

Jam mulai                       : 8:00 am

Tempat                            : Pelabuhan Ishigaki Gyokou

 

3) Ishigaki Matsuri

Image source : www.y-mainichi.co.jp

Ishigaki Matsuri menjadi sebuah festival terbesar di Ishigaki. Dalam waktu dua malam, Taman Shin-ei dipenuhi oleh kerumunan orang yang siap menikmati suguhan musik dan pertunjukan lokal. Parade besar biasanya diadakan di City Hall Street, yang merupakan jalanan utama di kota Ishigaki.

 

Taman Shin-ei bisa dicapai dari bandara Ishigaki dalam waktu 15 menit, sementara dari pelabuhan Hirara bisa dicapai dalam waktu 5 menit, keduanya menggunakan mobil.

 

Waktu penyelenggaraan       : Awal November

Tempat                             : Taman Shin-ei

Alamat                                : Shin-ei-cho, Ishigaki City, Okinawa 907-0014

 

4) 16th Day Festival

Image source : www.y-mainichi.co.jp

Jyuu Roku Nichi Sai, begitu orang Jepang menyebut 16th Day Festival yang diselenggarakan di pulau Ishigaki. Sajian utama dari festival ini adalah makan, berdansa, dan bernyanyi di kuburan keluarga. Terdengar aneh? Mungkin, namun ini sudah menjadi bagian penting dari budaya orang-orang Ishigaki. Bulan maret setiap tahunnya, seluruh anggota keluarga berkumpul bersama guna berbagi makanan dengan leluhur mereka di depan peristirahatan terakhir dari anggota keluarga mereka. Orang Ishigaki memiliki cara yang unik untuk mengingat warisan leluhurnya.

 

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

 

http://his-travel.co.id/jepang

 

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia