Tips
Sejarah Panjang Mata Uang Korea
2017-08-11 09:03:21
HIS Travel

Mata Uang Korea

Sejarah Panjang Mata Uang Korea

Setiap negara pasti memiliki mata uang khusus untuk transaksi jual beli. Termasuk korea selatan. korea selatan memiliki mata uang dalam satuan won. Mata uang korea selatan ini juga dipakai sebagai satuan uang di korea utara. Mata uang ini dipakai untuk berbelanja di korea. Mata uang ini merupakan mata uang resmi yang digunakan untuk berbelanja baik di pasar tradisional maupun di pasar modern seperti mall. Seperti halnya di Indonesia, mata uang di korea juga memiliki bentuk uang kertas dan juga uang logam yang terbuat dari perunggu. Selain perunggu, mata uang won juga menggunakan bahan tembaga pada uang koinnya. Antara korea selatan dan juga korea utara memang sama-sama menggunakan mata uang won. Namun dalam kursnya, mata uang won korea utara dan won korea selatan berbeda.

Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan sejarah mata uang korea yang wajib Anda ketahui.

Denominasi Mata Uang Koin Dan Kertas

Source:panduanwisata.id

Seperti halnya berbagai negara yang ada di dunia. Mata uang korea juga memiliki beberapa denominasi baik itu uang kertas maupun uang logamnya. Mata uang koin korea selatan memiliki denominasi 10,50,100 dan 500 won. Sedangkan untuk denominasi uang kertasnya ada nominal 1000, 5000, 10000 dan 50000 won. Meskipun demikian ada juga cek yang beredar di korea cek senilai 100000 won. Namun nominal ini sangat jarang digunakan. Hanya digunakan untuk mengambil uang di atm. Biasanya hanya dipakai untuk pemberian hadiah kepada orang tertentu guna membeli barang yang diinginkannya. Perbedaan denominasi ini sangat mempengaruhi kurs. Meskipun korea utara dan korea selatan saat ini menggunakan mata uang yang sama yaitu won, namun nilai kursnya berbeda. Saat sekarang ini kurs korea utara jauh lebih unggul dibandingkan won korea selatan. Artinya bahwa nilai tukar won korea utara jauh lebih mahal jika dibandingkan nilai tukar won korea selatan. Perbedaan kurs ini sangat berpengaruh dari kebijakan ekonomi dari masing-masing negara yang ingin memperkuat maupun melemahkan nilai tukar mata uangnya.

Penyebutan Mata Uang Won Korea Utara Dan Selatan Berbeda

Source:bukalapak.id

Lambang mata uang korea baik utara maupun selatan berbeda. Jika korea utara melambangkan dengan KPW sedangkan korea selatan melambangkan dengan KRW. Won sendiri memiliki arti bentuknya bulat. Won berasal dari bahasa hanja.  Dahulu satu won setara dengan 100 jeon. Dahulu jeon juga dipakai untuk transaksi sehari-hari. Namun kini seiring berjalannya waktu, mata uang jeon sudah tidak lagi digunakan untuk transaksi sehari-hari. Sekarang hanya digunakan mata uang won untuk transaksi sehari-hari. Masing-masing koin memiliki bahan berbeda. Denominasi 1 won, terbuat dari logam aluminium. Denominasi 5 won, terbuat dari bahan logam tembaga dan seng. Denominasi 10 won terbuat dari aluminium dan tembaga. Denominasi 50 won dibuat dari bahan nikel, seng dan tembaga. Sementara denominasi 100 dan 500 won terbuat dari logam kupronikel.

Gambar Yang Terdapat Di Mata Uangnya

Source:id.allexpress

Setiap mata uang mmiliki gambar yang mampu merepresentasikan negara yang bersangkutan. Mata uang korea juga memiliki beberapa gambar berbeda untuk setiap pecahan mata uangnya. Dimulai dari pecahan 10 won. Uang denominasi koin 10 won memiliki gambar pagoda dabo. Pagoda dabo merupakan salah satu pagoda yang terdapat di kuil bulguk. Kuil ini di korea selatan memiliki sejarah yang membuatnya sangat iconic. Saksi sejarah yang masih ada ini menjadi alasan mengapa pagoda dabo diabadikan di dalam uang logam pecahan 10 won.  Pecahan koin 50 won memiliki gambar ikatan padi. Maksudnya adalah untuk menunjukkan kesejahteraan. Padi bagi masyarakat korea selatan melambangkan kesejahteraan. Pada koin pecahan 100 won, anda akan menjumpai gambar jenderal jenderal yi sun sin yang merupakan jenderal yang berperan penting dalam sejarah peperangan korea selatan. Jenderal yi berjaya di masa dinasti jonson dan dinobatkan sebagai pahlawan penting bagi masyarakat korea selatan selama masa pemberontakan terhadap jepang. Pecahan logam 500 won Anda akan menemukan gambar burung. Burung bagi masyarakat korea selatan dianggap sebagai pelambang kejayaan.

Sejarah Pencetakan Uang Korea Selatan

Source:mujiaulikhlas.wordpress.com

Sejarah mencatat bahwa korea selatan pertama kali mencetak mata uang setelah masa penjajahan jepang. Pada masa jepang menguasai korea selatan, korea menggunakan mata uang dari jepang. Namun pada tahun 1959, korea selatan baru pertama kali mencetak mata uang korea di negara philadelphia. Nominal yang dicetak pada saat itu adalah 10, 50 dan 100. Pada masa itu masih menggunakan satuan hwan dan belum menggunakan won. Penggunaan mata uang hwan hanya berlangsung selama 7 tahun saja. Sehingga pada tahun 1966 mulai menggunakan mata uang won yang berarti bulat yang merujuk pada koin.  Namun pada akhir tahun 1970, koin dengan nominal 1 dan 5 won sudah tidak digunakan lagi. Koin yang digunakan hingga saat ini adalah 10 won, 100 won, 50 won dan 100 won. Meskipun pad aakhirnya pada tahun 1980 koin 10 won juga sudah mulai jarang digunakan lagi karena nilai tukar dan harga barang sudah berbeda.

Mata uang korea seperti halnya mata uang dari negara lain memiliki cerita dan sejarah yang cukup panjang. Selain itu, keberadaan beberapa pecahan yang kini sudah tidak digunakan lagi menjadi saksi sejarah bahwa mata uang semakin lama mengalami perubahan yang cukup berarti. Baik dari segi denominasi hingga designnya yang setiap periode mengalami perubahan.H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Korea Selatan pada H.I.S!