Tips
Berjalan-jalan Menggunakan Hokkaido Shinkansen
2016-10-10 02:42:12
HIS Travel

Hokkaido terletak di kawasan paling utara Jepang, dengan iklim musim dingin yang membekukan dan panjang. Namun di Hokkaido pula kamu bisa menikmati musim panas yang sejuk dan berbeda dengan wilayah lainnya di Jepang. Di bagian paling utara itu pula tersedia pilihan transportasi cepat berbentuk kereta peluru (Shinkansen) Hokkaido yang dioperasikan mulai tahun 2016, tepatnya pada bulan Maret. Hokkaido Shinkansen merupakan kereta peluru pertama yang dioperasikan tahun ini, dan menghubungkan pulau Honshu di bagian utara (Shin-Aomori) sampai pulau Hokkaido di bagian selatan (Shin-Hakodate-Hokuto). Dibukanya jalur Shinkansen baru tidak hanya menguntungkan bagi penduduk lokal, namun juga bagi para wisatawan yang berkunjung kesana. Ini sekaligus menandai dibukanya jalur baru nan cepat yang menghubungkan dua pulau di bagian utara dan selatan.

 

Di bagian Selatan, tepatnya di stasiun Shin-Hakodate-Hokuto, sebuah jalur juga dibuka untuk menhubungkan stasiun Hakodate dan stasiun Shin-Hakodate-Hokuto. Kereta yang melayani jalur cabang tersebut disebut “Hakodate Liner”, dan sanggup menempuh perjalanan setidaknya selama 15 menit. Dengan terkoneksinya jalur reguler dengan jalur Shinkansen, waktu perjalanan menjadi lebih efektif. Jadi pada dasarnya Hakodate Liner adalah jalur transfer yang bakal mempercepat waktu perjalanan sekaligus menambah efektivitasnya. Dari Shin-Aomori ke Shin-Hakodate-Hokuto, perjalanan bisa ditempuh selama satu jam. Traveler juga bisa melanjutkan perjalanan dari Shin-Aomori sampai ke Tokyo.

 

Waktu Perjalanan

 

Lama waktu perjalanan tergantung kemana tujuan kamu. Setidaknya ada empat jadwal reguler Shinkansen yang tercatat secara resmi, yang meliputi:

 

1) Tokyo ke Shin-Hakodate-Hokuto yang bisa ditempuh selama 4 jam 2 menit

2) Tokyo ke Hakodate yang ditempuh selama 4 jam 29 menit

3) Sendai ke Sjhin-Hakodate-Hokuto yang ditempuh selama 2 jam 30 menit

4) Shin-Aomori ke Shin-Hakodate-Hokuto yang ditempuh selama 1 jam 1 menit

 

Dari Tokyo ke Shin-Hakodate-Hokuto tersedia sepuluh kali perjalanan pulang-pergi dalam sehari, yang dilayakni oleh operator Hayabusa. Ada juga operator Hayate yang melayani satu kali perjalanan bolak-balik, masing-masing dari Morioka ke Shin-Hakodate-Hokuto dan dari Shin-Aomori ke Shin-Hakodate-Hokuto.

 

Tarif Hokkaido Shinkansen

Tarif Hokkaido Shinkansen beragam, dan sangat tergantung pada tipe tiket yang ingin kamu beli. Ambil contoh misalnya bila kamu ingin melakukan perjalanan dari Shin-Hakodate-Hokuto ke Tokyo menggunakan kereta reguler (ordinary car). Harga tiket dasarnya (basic fare) sebesar 11,560 yen, sementara untuk tiket reserved seat (terbatas), kamu harus membayar sebesar 11,130 yen. Harga tiket dasar sama bila kamu ingin menggunakan green car, namun akan lebih mahal menjadi 18,500 bila kamu ingin memesan tiket golongan reserved seat. Secara umum, rentang harga tiket untuk Hokkaido Shinkansen, dengan rute perjalanan dari Shin-Hakodate-Hokuto ke Tokyo berkisar antara 11,130 yen sampai 26,720 yen.

 

Tersedia tiket diskon untuk para pelancong yang mengunjungi Jepang dengan bisa perjalanan jangka pendek kurang dari 90 hari. Diskon disediakan oleh JR East-South Hokkaido dan hanya berlaku untuk orang yang memegang paspor non-Jepang. Diskon dirinci lewat JR East-South Hokkaido Pass yang bisa digunakan di area tertentu. Memegang kartu ini berarti kamu akan memperoleh perjalanan tidak terbatas di jalur JR Hokkaido LInes dan JR East Lines.

 

Katu pass tersebut juga nyaman digunakan untuk bepergian dari Narita atau dari Bandara Haneda ke daerah Tokyo, dan juga dari Bandara New Chitose ke daerah Sapporo. JR East-South Hokkaido Pass bisa digunakan untuk perjalanan menggunakan Shinkansen dan kereta ekspres terbatas yang berjalan di sekitar Tokyo ke beberapa tujuan seperti Sendai dan Aomori. Kartu pass tersebut juga bisa digunakan untuk naik Hokkaido Shinkansen.

 

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

 

http://his-travel.co.id/jepang

 

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia