People & Culture
Alcazar Show, Pertunjukan Kabaret Paling Besar dan Paling Diminati
2017-08-11 09:10:41
HIS Travel

Pertunjukan seni menjadi salah satu daya tarik wisata, misalnya saja tari-tarian atau drama yan menampilkan cerita-cerita tradisional masyarakat setempat. Thailand juga memiliki pertunjukan seni yang tak kalah menarik selain pantai-pantainya yang cantik, kuil-kuilnya yang eksotis dan aneka kulinernya yang lezat. Salah satu pertunjukan seni andalan Thailand yang wajib kamu tonton adalah Alcazar Show.

image source: bangkok.com

 

Kaum Transgender di Thailand

Alcazar adalah salah satu kabaret paling besar dan sangat diminati oleh para wisatawan. Kabaret ini berbeda dari kabaret pada umumnya karena semua pemainnya adalah para transgender. Mereka tampil lebih cantik dan memikat ketimbang para wanita yang sesungguhnya.

Negeri gajah putih memang menjadi salah satu negara yang tidak melarang kehadiran kelompok masyarakat lesbian, biseksual, gay dan transgender atau LGBT. Di Thailand, para transgender bisa bekerja di berbagai bidang yang mereka inginkan. Setidaknya, jumlah transgender di Thailand sekitar 10% dari total penduduk. Mereka hidup damai berdampingan dengan masyarakat Thailand yang tidak menganggap kelompok transgender sebagai sesuatu yang kontroversial.

Penerimaan masyarakat Thailand terhadap kaum transgender setidaknya sudah berlangsung sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Di tahun-tahun sebelumnya, masyarakat Thailand belum bisa menerima kehadiran laki-laki yang berpenampilan seperti layaknya seorang wanita. Pertentangan bermunculan dan cemooh masih terdengar namun berangsur-angsur masyarakat Thailand bisa menerima kehadiran mereka.

Saat ini, pemerintah Thailand tidak melarang perkawinan di antara kaum transgender. Tetapi perkawinan yang dilakukan tidak akan mendapatkan surat perkawinan seperti perkawinan pada umumnya. Pada kartu tanda penduduk, pemerintah Thailand tetap mencantumkan jenis kelamin sesungguhnya untuk kaum transgender ini.

Peran pemerintah Thailand yang tidak menindas kaum transgender dan menjadi sosok humanis bagi mereka membuat kaum transgender bisa berkreasi dengan bakat-bakat yang mereka miliki. Salah satunya dalam pertunjukan seni Alcazar Show.

image source: www.alcazarthailand.com

 

Alcazar Show

Bisnis pertunjukan yang dilakukan oleh para ladyboy atau kaum waria Thailand didukung sepenuhnya oleh pemerintah. Pemerintah Thailand menjadikannya sebagai pendukung industri pariwisata mereka. Pertunjukan yang dilakukan para ladyboy ini hanya bisa ditemukan di dua kota besar di Thailand yakni di Pattaya dan Phuket.

Alcazar show bertempat di 78/14 Pattaya 2nd Rd., Naklua, Pattaya Utara. Lokasi ini bisa dicapai dengan mudah menggunakan taksi atau tuk tuk. Pertunjukan Alcazar setiap malam dibagi menjadi empat waktu pertunjukan yakni mulai pukul. 17.00, 18.30, 20.00 dan 21.30. Masing-masing jadwal pertunjukan akan berlangsung selama kurang lebih 70 menit.

Kabaret Alcazar sebagai kabaret yang terbesar di Thailand sudah memiliki auditorium sendiri dengan kapasitas 1200 penonton. Para wisatawan bisa memilih kelas VIP atau kelas deluxe dengan harga yang lebih ekonomis. Harga tiket pertunjukan Alcazar ini bervariasi mulai dari 500-800 Baht. Tak hanya untuk orang dewasa saja, pertunjukan Alcazar ini bisa juga ditonton oleh anak-anak.

Lantas bagaimana cara mendapatkan tiket untuk menonton kabaret show Alcazar ini? Berikut beberapa cara yang bisa ditempuh.

  • Pemesanan tiket melalui website

Alcazar memiliki web resmi yang menampilkan informasi mengenai pertunjukan mereka. Melalui web resmi ini pula jadwal pertunjukan bisa dilihat dan tiket bisa dipesan.

  • Pemesanan tiket melalui biro travel

Saat kamu sudah sampai di Pattaya, biasanya di kanan dan kiri jalan dapat ditemukan dengan mudah biro-biro perjalanan yang menawarkan tiket pertunjukan Alcazar. Harga tiket yang ditawarkan sangat bersaing sehingga bisa saja kamu mendapatkan harga yang ekonomis.

  • Pemesanan tiket melalui pusat informasi wisatawan

Bagi wisatawan yang datang ke Pattaya dengan menempuh perjalanan darat memakai bis dari Bangkok, maka pusat informasi wisatawan bisa ditemukan tak jauh dari terminal bisa. Di pusat informasi wisatawan inilah tiket pertunjukan Alcazar bisa diperoleh.

image source: www.alcazarthailand.com

 

Pertunjukan Alcazar ini menampilkan berbagai bentuk tarian dan nyanyian lip sync. Tarian yang ditampilkan tidak hanya tari-tarian khas Thailand saja tetapi juga dari berbagai negara seperti tari Arab, tari Cina dan tari-tarian melayu. Tari-tarian yang ditampilkan terlihat megah dan meriah dengan dekorasi dan pencahayaan panggung yang luar biasa. Kostum yang dikenakan para penarinya pun terlihat sangat mewah dengan bulu-bulu tinggi di kepala dan baju-baju berpayet yang indah. Setiap pertujukan Alcazar selalu diberi judul yang menggambarkan tema dalam pertunjukan tersebut, misalnya saja “Flowers of China”, “Four Legendary Regions of Siam Kingdom”, “Melayu Dance”, “Persian Dance”, dan “Fabulous Russia”.

Jika berminat untuk melihat pertunjukan Alcazar ini, sebaiknya datanglah lebih awal atau jangan buru-buru pergi setelah pertunjukan selesai. Sebab, sebelum dan sesudah pertunjukan kamu bisa berfoto dengan para artis Alcazar yang cantik-cantik. Untuk setiap foto bersama pengunjung, biasanya para artis Alcazar ini memasang tarif tertentu. Semakin cantik seorang artis Alcazar yang diajak berfoto, maka semakin mahal juga tarif foto bersamanya.

Pertunjukan-pertunjukan Alcazar yang diadakan di Pattaya ini bukanlah pertunjukan kecil. Bisnis pertunjukan Alcazar melibatkan tak kurang dari 200 staf di belakang panggung, mulai dari manager pertunjukan, bagian kostum, bagian make up, penata panggung dan staf pendukung lainnya. Jika ditambahkan dengan para artis transgender yang terlibat di atas panggung, kru Alcazar mencapai kurang lebih 400 anggota. Teknologi panggung yang digunakan pun terus mengalami perkembangan. Kini setiap pertunjukan Alcazar telah menggunakan teknologi panggung digital dan sound system terbaik.

Para transgender yang tampil pun harus berlatih untuk setiap peran yang dibawakannya agar bisa tampil sempurna. Setiap minggu, tema pertunjukkan yang ditampilkan selalu bebeda-beda. Jadi bisa dibayangkan betapa besarnya bisnis pertunjukan Alcazar ini. Alcazar show ini bukanlah pertunjukan yang baru saja dikenal. Puluhan tahun lamanya Alcazar telah menghibur dunia dan selalu mengundang decak kekaguman hingga saat ini.

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik untuk kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Thailand pada H.I.S!

top image source: www.alcazarthailand.com