Food
4 Hidangan Rakyat yang Lezat di Korea Selatan
2017-07-09 17:26:24
HIS Travel

Bepergian ke negara penggaggas serial drama yang populer dikalangan hawa ini akan terasa kurang apabila kita belum mencicipi hidangan-hidangan yang hidup dan berkembang di keseharian masyarakatnya. Selain menawarkan keindahan obyek-obyek wisata alam, Korea Selatan ternyata cukup kaya akan olahan kulinernya. Terlebih lagi, warga Korea Selatan cukup akrab dengan rasa pedas, sehingga masakan-masakan yang dihidangkan akan mudah untuk diterima lidah anda dan wisatawan dari Indonesia lainnya. Range harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi, mulai dari kelas restoran bintang empat hingga harga kaki lima; ramah bagi budget para wisatawan. Mari kita tengok bersama hidangan-hidangan tersebut :

Bulgogi

imagesource : By ayustety (http://flickr.com/photos/ayustety/1397295476/) [CC BY-SA 2.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.0)], via Wikimedia Commons
Kuliner yang satu ini bersaing ketat popularitasnya dengan olahan Yakiniku-nya Jepang, dan memiliki banyak sekali varian dalam hal pengolahannya. Dibuat dari irisan tipis daging sirloin atau bagian-bagian ternama dari sapi lainnya, hidangan ini sering disajikan bersama racikan bumbu seperti kecap, minyak wijen, gula, bawang putih, merica, jahe sehingga memberikan sensasi rasa yang lebih manis. Di kebanyakan resstoran, anda dapat menikmati hidangan ini dengan membakar daging sapi yang telah anda pesan tepat di meja anda; dimana telah tertanam panggangan yang berada ditengah-tengah meja. Aroma yang keluar dari proses pemanggangan daging tersebut akan menggoda kesabaran anda untuk segera mengangkat dan menikmati irisan-irisan daging tersebut bersama bumbu yang telah disediakan.

Nakji Bokkeum

imagesource : By Beng Han Ho (originally posted to Flickr as IMG_1582) [CC BY-SA 2.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.0)], via Wikimedia Commons
Bagi mereka yang suka akan paduan antara seafood dan rasa pedas, hidangan ini adalah salah satu buruan utama anda di Korea Selatan. Panganan yang satu ini mengambil daging gurita sebagai bahan dasarnya. Berbeda dengan okonomiyaki, hidangan ini disajikan dengan bumbu yang terdiri dari campuran kecap, minyak wijen, merica dan bawang putih untuk menandingi tekstur kenyal yang dimiliki oleh daging gurita. Gurita tersebut ditumis bersama racikan bumbu tersebut, dan dihidangkan ke meja untuk anda nikmati bersama semangkuk nasi hangat. Apabila anda menginginkan sensasi pedas yang lebih, anda dapat mengunjungi kedai atau restoran yang menggunakan chungyang gochu (salah satu merica paling pedas di Korea Selatan) ke dalam campuran bumbu yang digunakan.

Jajangmyeon

imagesource : wikipedia
Olahan kuliner ini memadupadankan antara saus yang dibuat dari kedelai hitam dan mie sebagai bahan utamanya. Masakan ini terkenal akan kesederhanaannya dan harganya yang cukup terjangkau; namun untuk urusan rasa, masakan ini memiliki cita rasa yang tidak bisa dianggap sepele. Bahan dasar yang mudah didapat dan diolah memberikan kesempatan bagi pemilik restoran atau kedai untuk berkreasi dalam menambahkan bahan-bahan lainnya ke dalam masakan yang satu ini. Anda dapat menjumpai cita rasa yang berbeda-beda di tiap kedai atau restoran yang anda kunjungi, sehingga akan menggugah jiwa petualang di dalam diri anda, terlebih apabila anda memang salah satu penggila kuliner.

Bibimbap

imagesource : wikipedia
Makanan yang satu ini merupakan campuran dari nasi, namul (sayur-sayuran yang telah dibumbui sebelumnya), irisan daging sapi atau telur ayam, dan saus yang dapat anda sesuaikan dengan selera anda. Bahan-bahan tersebut kemudian diolah bersama sehingga memiliki kemiripan dengan olahan di Indonesia, yaitu nasi campur; tentu dengan penggunaan bumbu yang jauh lebih kental didalamnya. Bibimbap digandrungi karena unsur gizi di dalamnya yang seimbang dan lengkap. Untuk urusan saus, biasanya digunakan saus pedas atau kecap, atau doenjang (pasta kacang kedelai yang difermentasi). Salah satu daerah yang terkenal akan olahan Bibimbap-nya adalah Jinju, Jeonju, dan Tongyeong; sehingga apabila anda sedang berada dekat dari daerah tersebut saat berwisata di Korea Selatan, sempatkanlah untuk mampir sembari mengisi ulang tenaga anda.