Bannr.bangli

Bangli

Bangli merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Bali, Indonesia. Kabupaten bangli terletak di sebelah timur laut kota denpasar, kota beriklim sejuk ini berjarak 40 kilometer atau satu jam perjalanan dari Kota Denpasar. Sebagian besar daerah kabupaten bangli merupakan dataran tinggi. Terdapat objek wisata di Kabupaten Bangli yang dapat dikunjungi oleh wisatawan, diantaranya yaitu Air terjun Dusun Kuning, Gunung Batur & Danau Batur, dan lain sebagainya.

 Bangli-Ikon

Tempat – Tempat Wisata di Bangli

Desa Penglipuran

Desa Penglipuran memiliki penataan khas tersendiri seperti Angkul-Angkul(pintu gerbang), ada sekitar 76 keluarga utama di Desa ini. Desa Penglipuran terdapat peraturan adat (Awig-Awig) bahwa setiap laki – laki tidak boleh memilki istri lebih dari satu (berpoligami), jika ada yang melanggar maka orang itu akan di kucilkan di sebuah tempat yang bernama Karang Memadu.

Desa-Penglipuran

Gunung Batur & Danau Batur (Kintamani)

Gunung Batur & Danau Batur, Gunung ini masih aktif dengan ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut. Dari Desa Penelokan pengunjung dapat melihat keindahan Gunung & Danau Batur yang berada di bawahnya. Di tempat ini juga terdapat Pura Ulundanu tepatnya di lembah Gunung Batur.

Gunung-Batur-Danau-Batur

Air Terjun Dusun Kuning

Air terjun Dusun Kuning terletak di Desa Dusun Kuning. Air terjun Dusun Kuning memiliki ketinggian 25 meter di atas permukaan Sungai yang mengalir ke arah Selatan. Panorama air terjun ini sangat indah dan sejuk.

 Air-terjun-Dusun-Kuning

Pura Kehen

Pura Kehen terletak di Desa Cempaga, Kabupaten Bangli. Pura ini memiliki pohon Beringin yang unik, konon jika ranting pohon beringin ini patah maka akan ada musibah yang melanda warga/desa tersebut.

Pura-Kehen

Desa Trunyan

Desa Trunyan dihuni oleh penduduk Bali Age (penduduk asli Bali sebelum kedatangan orang-orang Majapahit). Di sini terdapat kuburan yang unik dan jika wisatawan yang berkunjung ke Desa Trunyan dan ingin ke Kuburan tersebut harus menaiki perahu terlebih dahulu. Keunikan dari kuburan ini adalah mayatnya tidak di bakar(ngaben) atau di kubur, tetapi hanya di letakkan di sebuah kurungan bambu, mayat akan hancur dengan sendirinya dan tidak menyebarkan bau busuk

Desa-Trunyan

Toyo Bungkah

Toyo Bungkah merupakan salah satu objek wisata berupa pemandian air panas yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit khususnya penyakit kulit. Toyo Bungkah terletak di Desa Batur, kabupaten Bangli dan tepatnya di kaki Gunung Batur dan Danau Batur.

 Toyo-Bungkah

Museum Vulkanologi Kintamani

Museum Vulkanologi Kintamani terletak di Taman Wisata Alam penelokan yang memiliki lahan seluas 1,09 hektar. Di Museum ini terdapat informasi mengenai gunung berapi di Indonesia, khususnya gunung batur. Museum Vulkanologi Kintamani memiliki fungsi untuk mempertahankan dan melindungi sumber daya alam & budaya (pelestarian & konservasi), pengembangan ilmu pengetahuan tentang pegunungan di Indonesia

Museum-Vulkanologi-Kintamani

Makanan Populer di Bangli

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam Betutu Khas Gilimanuk merupakan ayam olahan khas Bali dengan bumbu sangat khas. Ayam yang diproses dengan segala macam bumbu,rempah-rempah khas Bali, ayam yang sudah dibumbui lalu dibungkus dengan daun pisang dikukus dan terakhirnya di panggang.

ayam-betut

Jaja Geti – Geti

Jaja Geti-Geti merupakan makanan camilan khas Bangli, Bali. Jaja Geti-Geti terbuat dari biji-bijian yang disebut Godem (biji sawi-sawian). Jaja Geti-Geti adalah perpaduan antara Godem dengan gula merah kental lalu dicetak dengan bektuk sesuai yang diinginkan.

Jaja-Geti-Geti