bannr.almapur

Almapura

Almapura merupakan kota terbesar di Bali Timur dan merupakan ibukota Kabupaten Karangasem. Dahulu nama Almapura adalah Karangasem, namun diubah setelah meletusnya Gunung Agung pada tahun 1963. Kota Almapura merupakan pusat dari segala aktivitas masyarakat Kabupaten Karangasem dengan luas wilayah 34.48 Km2 dan jumlah penduduk 34.012.00 jiwa. Kota Almapura juga menjadi salah satu tujuan wisatawan di Bali, dengan berbagai keindahan tempat wisata yang tersedia di Kota ini.

 Almapura

Tempat – Tempat Wisata di Almapura


Pantai Amed

Pantai Amed merupakan salah satu objek wisata yang berada di Wilayah Karangasem, Almapura, Bali. Selain memiliki pemandangan yang indah, Pantai Ahmed juga menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan

 Pantai-Lovina


Pura Besakih

Pura Besakih adalah sebuah komplek pura yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Komplek Pura Besakih terdiri dari 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih) dan 18 Pura Pendamping lainnya. Di Pura Besakih, merupakan area pertama kalinya tempat diterimanya wahyu Tuhan oleh Hyang Rsi Markendya, cikal bakal Agama Hindu Dharma di Bali. Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali.

Pura-Besakih

Desa Iseh

Desa Iseh adalah salah satu desa yang merupakan bagian dari Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem. Desa Iseh berkembang sebagai obyek dan daya tarik wisatawan karena memiliki keindahan alam yang mempesona. Selain panorama alam yang indah, Desa Iseh juga dapat dimanfaatkan sebagai wisata trekking dan sebagai tempat pembuatan kain tenun endek dan songket khas Karangasem yang diproses dengan alat tenun tradisional.

 Desa-Iseh


Puri Agung Karangasem

Puri Agung Karangasem terletak di pusat Kota Almapura, jaraknya sekitar 65 km dari Kota Denpasar. Daya tarik utama Puri Agung ini adalah kemegahan arsitektur bangunannya yang merupakan perpaduan antara arsitektur Bali, China, dan Eropa. Puri Agung terdiri dari 3 bagian area, bagian depan atau entrance disebut “bencingah”, tempat dimana diadakan pertunjukan kesenian tradisional, sedangkan sisi di sebelah kanan dan kiri diperuntukkan sebagai tempat menerima tamu.

Puri-Agung-Karangasem


Taman Tirta Gangga

Taman Tirta Gangga merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di Desa Ababi, Kecamatan Abang. Jaraknya sekitar 5 km ke arah utara dari Kota Amlapura. taman ini merupakan area mata air besar dan disebut dengan ‘embukan’ (mata air) oleh masyarakat sekitar. Mata air ini dimanfaatkan oleh penduduk yang tinggal di desa sekitar Tirta Gangga sebagai tempat mencari air minum dan tempat pesiraman atau penyucian Ida Betara ( para dewa ).

Taman-Tirta-Gangga


Padang Bai

Padang Bai terletak di Kecamatan Manggis. Padang Bai merupakan pantai dan juga dermaga sebagai tempat penyebrangan kapal laut menuju ke Lombok.

 Padang-Bai


Bukit Jambul

Bukit Jambul terletak di sebuah sungai di Desa Rendang. Tempat ini sangat cocok untuk wisatawan yang memiliki hobi olahraga Rafting. Bukit Jambul memiliki pemandangan yang begitu indah serta terpajang beberapa batu besar dan karang disekitarnya.

 Bukit-Jambul


Pantai Candi Dasa

Pantai Candi Dasa terletak pada tebing perbukitan, di tepi jalan raya kota Almapura. Letaknya sekitar 50Km ke arah timur dari kota Denpasar. Pantai ini merupakan tempat wisata dengan pemandangan yang indah dengan bangunan candi – candinya di sekitar tepi pantai.

Pantai-Candi-Dasa


Desa Sibetan

Desa Sibetan merupakan desa yang terletak di Karangasem, Bali timur, kecamatan Bebandem. Di Desa Sibetan ini terkenal akan buah salaknya dan juga beberapa tempat penginapan. Desa Sibetan merupakan salah satu tujuan objek wisatawan untuk membeli salak khas Desa Sibetan sebagai oleh – oleh.

Desa-Sibetan


Taman Ujung Karangasem, Almapura

Taman Ujung Karangasem, Almapura merupakan salah satu warisan objek wisata budaya yang ada di Kabupaten Karangasem. Konsep taman ini merupakan kombinasi dari Bali dan arsitektur Eropa.

Taman-Ujung-Karangasem-Almapura

Makanan Populer di Almapura

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam Betutu Khas Gilimanuk merupakan ayam olahan khas Bali dengan bumbu sangat khas. Ayam yang diproses dengan segala macam bumbu,rempah-rempah khas Bali, ayam yang sudah dibumbui lalu dibungkus dengan daun pisang dikukus dan terakhirnya di panggang.

ayam-betutu1

Rujak Kuah Pindang

Rujak Kuah Pindang merupakan makanan khas Bali. Rujak Kuah Pindang berisikan banyak buah-buahan yang dirajang seperti mangga muda, nanas, jambu air, bengkuang, dan mentimun kemudian buah-buahan tersebut disiram dengan kuah yang berasal dari ikan pindang yang dicampurkan dengan gerusan cabai dan terasi.

 Rujak-Pindang